Tidak Perlu Modal Besar Untuk Memulai Usaha Dropshiping

By on March 16, 2015
Tidak Perlu Modal Besar Untuk Memulai Usaha Dropshiping Reviewed by Ide Usaha on . This Is Article About Tidak Perlu Modal Besar Untuk Memulai Usaha Dropshiping

Tidak Perlu Modal Besar Untuk Memulai Usaha Dropshiping — Anda ingin berjualan di internet? Jika anda punya barang / produk sendiri tentunya hal tersebut lebih mudah dilakukan. Anda tinggal membuat toko online atau melistingnya di situs-situs marketplace yang ramai seperti ebay.com, dll. Lalu tinggal menunggu pembeli datang. Lalu bagaimana jika anda tetap nekat ingin berjualan di […]

Rating: 4

Tidak Perlu Modal Besar Untuk Memulai Usaha Dropshiping — Anda ingin berjualan di internet? Jika anda punya barang / produk sendiri tentunya hal tersebut lebih mudah dilakukan. Anda tinggal membuat toko online atau melistingnya di situs-situs marketplace yang ramai seperti ebay.com, dll. Lalu tinggal menunggu pembeli datang. Lalu bagaimana jika anda tetap nekat ingin berjualan di internet tapi anda tidak memiliki produk sendiri dan tidak memiliki cukup uang untuk kulakan produk2 untuk stok barang anda?

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Dropship / Dropshipping / Dropshipment adalah suatu metode bisnis yang dibuat oleh supplier untuk menawarkan jasa kepada penjual (anda) dimana anda sebagai penjual tidak perlu untuk membeli (kulakan) dan menyiapkan stok barang-barang jualan anda di gudang, tetapi anda cukup menunggu pembayaran masuk dari pembeli terlebih dahulu, baru kemudian anda membayar dan ‘memerintahkan’ supplier untuk mengirim barang tersebut langsung ke pembeli anda. Tanpa perlu kulakan dan menyiapkan stok yang tentunya membutuhkan biaya. Istilah ‘Dropshipping’ itu mengacu pada sistem kerjasama antara supplier dan penjual. Sedangkan bisnis jual-beli anda tetap disebut Online Selling / Trading, dimana anda membutuhkan supplier yang menawarkan jasa dropship (pengiriman langsung ke buyer anda). Supplier yang menawarkan jasa dropship biasa disebut Dropshipper.

Disini posisi barang jualan anda tetap berada di gudang supplier. Anda tinggal mencari pembelinya. Anda cukup memasang foto, judul, harga dan deskripsinya di listing/iklan anda maupun toko online anda. Disertai cara2 pembayaran dan pengiriman tentunya. Setelah ada pembeli yang tertarik kemudian biasanya menghubungi anda lewat email untuk bertanya-tanya tentang spesifikasi barang yang dia butuhkan. Jika cocok, pembeli tersebut langsung membayar ke rekening anda (paypal atau melalui Credit Card, dll). Jadi disini uang tersebut langsung anda pegang, kemudian anda tinggal membayar supplier anda dengan harga grosir tentunya dan memerintahkan supplier anda untuk mengirim barang tersebut langsung ke pembeli anda tadi, dengan tetap atas nama anda sebagai pengirim! Enak bukan? :) Pembeli anda tidak akan tahu bahwa barang tersebut bukan dari anda. Yang dia tahu hanya dia membeli, membayar lalu menerima barang dari anda.

Posisi anda disini adalah tetap sebagai business owner, bukan perantara atau makelar atau affiliate. Berbeda dengan bisnis affiliate / referral dimana anda mempromosikan website/online store orang lain, kemudian jika ada orang yg anda refererensikan masuk, mendaftar atau membeli barang di website orang lain tersebut anda baru mendapatkan komisi yang nilainya biasanya sangat kecil dan lama karena kita harus menunggu nilai komisi kita mencapai angka tertentu baru kita dapat mencairkan komisi tersebut kemudian kita akan dikirimi cheque. Dan untuk mendapatkan orang yang mau membeli melalui sistem afiliasi itu lebih susah daripada berjualan langsung dengan stok barang kita sendiri maupun dengan bantuan dropshipper. Karena pembeli anda hanya tahu jika barang tersebut adalah milik anda sendiri.

Anda dapat melisting barang jualan anda di situs-situs marketplace yang ramai seperti eBay.com. eBay.com adalah situs lelang dan jual-beli nomor satu paling ramai di dunia. Ada ebay.com, ebay.uk, ebay.de, ebay.at, ebay.au, ebay.fr dan masih banyak lagi. Ebay.com itu ibarat mal yang sangat ramai dan berisi toko-toko yang menjual berbagai macam barang. Anda pun dapat membuka ‘toko’ anda di ‘mal’ ebay.com. Di ebay barang dijual dengan sistem Lelang maupun Fixed Price (harga tetap maupun harga yang dapat ditawar / Make Offer). Anda tidak perlu bingung mencari pengunjung dan mengatur SEO serta mengeluarkan biaya2 promosi. Sebab di ebay.com pengunjungnya mencapai jutaan pengunjung per hari (http://en.wikipedia.org/wiki/Ebay).

Anda cukup mendaftar menjadi member ebay (gratis), mendaftar paypal.com dengan data kartu kredit anda atau pun virtual credit card (VCC). Setelah semua siap, anda cukup melisting foto, judul, harga, deskripsi serta cara pembayaran dan pengiriman barang. Lalu tunggu pembeli sembari bersantai di rumah atau berjalan-jalan di mal sambil ponsel anda tetap siaga untuk menerima email dari buyer-buyer luar negeri. Tentunya anda wajib memiliki ponsel yang bisa push email atau download email.

Karena traffic ebay yang luar biasa ramai, anda cukup menunggu calon pembeli mengunjungi lapak anda di ebay. Lalu anda akan merasakan pengalaman berkomunikasi langsung dengan buyer-buyer dari luar negeri melalui ebay.com. Keren bukan?

Di ebay anda bisa merasakan jantung berdetak kencang ketika anda dapat melihat langsung di statistik listing/lapak anda dikunjungi calon pembeli yang tiap hari bertambah banyak. Lalu menghubungi anda melalui message di ebay. Setelah pembeli merasa cocok dan sepakat biasanya dia langsung membeli dan barang anda pun dibayar lunas berikut ongkos kirimnya melalui rekening paypal anda! Jantung anda pun semakin berdetak kencang ketika melihat ada uang masuk sekian ratus dollar di rekening paypal anda hanya dalam waktu biasanya 1-2 mingguan.

Jangan lupa untuk segera membayar ke supplier anda agar barang cepat sampai ke tangan buyer dan anda cepat mendapatkan Positive Feedback dari mereka yang tentunya akan menambah tingkat kepercayaan buyer lain terhadap anda. Jika listing anda menarik, tentunya pengunjung yang datang pun bertambah banyak dan kemungkinan barang anda laku tentu lebih besar. Anda pun tidak perlu mengumumkan jika anda berjualan dengan system dropship. Penjualan akan meningkat. Uang anda pun semakin banyak. Suami, istri, anak atau pacar anda pun senang. :)

Apakah dropshipping itu sah dan diijinkan di situs2 seperti ebay.com, dll? Jangan salah, pedagang-pedagang besar seperti amazon dan walmart, dll juga menggunakan jasa dropshipper untuk item-item tertentu mereka. Salah satu tujuannya adalah agar item dapat cepat sampai ke tangan pembeli, disamping itu juga untuk menyiasati ongkos kirim supaya lebih murah. Contohnya jika pusat bisnis mereka berada di Amerika, lalu mendapat order dari negara Indonesia, mereka akan menghubungi supplier mereka yang terdekat dengan Indonesia untuk langsung mengirim barang tersebut ke Indonesia. Jadi metode dropship itu legal dan diijinkan di ebay serta situs-situs lainnya sepanjang anda melakukannya dengan jujur dan komitmen dengan janji anda. Masih banyak contoh lainnya. Di ebay banyak sekali seller-seller yang berjualan dengan metode dropship. Memang tidak kentara, tapi buyer pun tidak mempermasalahkan hal tersebut sepanjang barangnya berkualitas, harga wajar dan pengirimannya pun cepat.

Lalu siapa saja yang bisa berjualan dengan sistem dropship? Hampir semua orang dapat berjualan online di ebay maupun situs lainnya atau toko online milik sendiri. Mulai ibu rumah tangga, mahasiswa, pebisnis, pegawai swasta/negeri, pengelola warnet dan bahkan pengangguran. Sudah banyak yang sukses meraih ribuan bahkan puluhan ribu dollar per bulan dari berbisnis online selling dengan sistem dropship. Saya akan menampilkan beberapa testimonial dari rekan-rekan dan murid saya yang sudah menekuni bisnis online selling dengan sistem dropship. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sukses dengan hanya 100% online selling di ebay maupun toko onlinenya dan marketplace lainnya.

Dengan berbisnis online selling menggunakan sistem dropship :

  1. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk kulakan atau stok barang yang banyak.
  2. Anda tidak perlu menggaji karyawan, menyewa tempat, membayar telepon, listrik, biaya transportasi, biaya promosi dan biaya-biaya tak terduga lainnya.
  3. Anda dapat menghemat waktu yang dapat anda isi dengan bisnis atau aktifitas lain.
  4. Anda dapat memperoleh penghasilan tak terbatas jika anda bersungguh-sungguh dan bekerja keras, maksud saya listing dengan lebih rajin dan terarah.
  5. Anda seakan-akan punya ribuan bahkan ratusan ribu stok barang (di supplier) yang tidak pernah habis yang siap anda jual di ebay maupun toko online anda. Otomatis semakin banyak anda menjual, semakin banyak keuntungan anda kan?