Prediksi Waralaba Retail Semakin Cerah Pada Era MEA

0
18
www.suksesbisnisusaha.com

Prediksi Waralaba Retail Semakin Cerah Pada Era MEA — Melihat perkembangan ekonomi Indonesia tentunya memberi beberapa peluang usaha yang menarik. Melihat hal itu tentunya perlu kejelian karena tentunya ketatnya persaingan akibat besarnya keuntungan dalam satu bisnis usaha. Kemudian beberapa alternativ konsep usaha pun haruslah diperhatikan sehingga tidak terhenti di tengah jalan. Salah satu konsep yang memberikan peluang bisnis pada era modern ini adalah bisnis waralaba/franchise.

www.suksesbisnisusaha.com
www.suksesbisnisusaha.com

Bisnis Franchise memang memberikan peluang cukup lebar kepada orang-orang yang ingin membuka bisnis. Mereka tidak perlu memiliki pengalaman yang lama atau harus susah membuka usaha dari awal. Bisnis franchise memberikan peluang usaha yang begitu mudah asal dijalankan dengan komitmen. Sebuah bisnis kemitraan yang memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Bagi pemilik franchise pun tidak lah perlu khawatir akan keuntungan dari konsep bisnis seperti ini. Karena selain membuat usahanya lebih cepat berkembang dan menjadi dekat dengan konsumen. Adanya proses royalty fee atau franchise fee yang diterapkan akan membuat keuntungan akan lebih cepat terasa. Walaupun, mereka harus juga mendampingi para mitra dalam pengembangan usahanya.

Peluang usaha franchise ini sudah sering kita lihat di beberapa daerah dan mulai menjamur setelah kesuksesannya. Seperti yang kita lihat dalam usaha waralaba minimarket Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan lain lain, bagaimana mereka mampu dan begitu dekat dengan masyarakat. Hal ini bukan saja memberikan keuntungan bagi waralaba retail tersebut. Namun juga membuat mereka dekat dengan konsumen. Hal inilah yang menjadi keuntungan tersendiri dari usaha berbisnis waralaba.

Bisnis waralaba tentunya membutuhkan networking yang begitu luas apalagi melihat pasar yang ada. Ke depanya Indonesia pun akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan membuat persaingan lebih ketat. Bahkan, sebelum MEA beberapa barang produksi Indonesia sudah kalah bersaing dengan barang produksi asal China. Walaupun begitu, MEA sendiri memberikan peluang usaha apalagi untuk bisnis franchise.

Karena para pelaku usaha franchise pastinya diuntungkan dengan lebih luasnya pasar yang nantinya akan lebih bebas. Namun, terbukanya peluang usaha bagi bisnis franchise haruslah diperhatikan beberapa faktornya. Para pelaku usaha harus juga mampu memberikan inovasi-inovasi atas terhadap bisnisnya. Kemudian pelatihaan atas mitra harus juga dikembangkan supaya usaha tidak berhenti ditengah jalan.