Keunikan dalam Bisnis Franchise Wajib di Utamakan

By on May 9, 2015
Keunikan dalam Bisnis Franchise Wajib di Utamakan Reviewed by Ide Usaha on . This Is Article About Keunikan dalam Bisnis Franchise Wajib di Utamakan

Keunikan dalam Bisnis Franchise Wajib di Utamakan — Keunikan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis waralaba/franchise. Karena Keunikan juga merupakan nyawa ataupun ciri khas dari sebuah brand. Tanpa memiliki keunikan, sebuah bisnis waralaba tidak akan bisa sukses. Kenapa? Karena keunikan merupakan syarat bagi sebuah brand untuk diwaralabakan. Di dalam PP RI No. 42 […]

Rating: 4

Keunikan dalam Bisnis Franchise Wajib di Utamakan — Keunikan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis waralaba/franchise. Karena Keunikan juga merupakan nyawa ataupun ciri khas dari sebuah brand. Tanpa memiliki keunikan, sebuah bisnis waralaba tidak akan bisa sukses. Kenapa? Karena keunikan merupakan syarat bagi sebuah brand untuk diwaralabakan.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Di dalam PP RI No. 42 Tahun 2007 pasal 3 tertera dengan jelas mengenai kriteria sebuah usaha bisa diwaralabakan, di antaranya: memiliki ciri khas usaha, terbukti sudah memberikan keuntungan, memiliki standar atas pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis,  mudah diajarkan dan diaplikasikan,  adanya dukungan yang berkesinambungan; dan Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar.

Memiliki ciri khas

Memiliki ciri khas artinya usaha tersebut harus memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibandingkan dengan usaha lain yang sejenis dan membuat konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud. Ciri khas ini bisa berupa sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau penataan, atau cara pendistribusian yang merupakan karakteristik khusus dari pemberi waralaba.

Keunggulan dan diferensiasi ini bisa dibentuk dengan membuat sesuatu yang unik, sesuatu yang belum ada atau belum dilakukan pada usaha lainnya yang sejenis. Keunikan merupakan keunggulan yang tidak dimiliki pesaing. Misalnya untuk bisnis makanan, Anda mungkin bisa membuat diferensiasi dari rasa. Tapi, karena luasnya keunikan usaha, maka keunikan tidak mesti dari sisi produk. Keunikan juga bisa Anda ciptakan dari segi sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, IT, penataan atau distribusi.

Persoalan yang lain Dari Sebuah Keunikan Usaha

Setelah usaha memiliki sebuah keunikan, adalah bagaimana menjaga keunikan tersebut. Keunikan di bisnis franchise perlu dijaga karena bisa saja keunikan tersebut hilang dan rusak dengan berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Jika keunikan ini hilang tentu saja akan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan sebuah franchise, minimal franchise tersebut akan kehilangan loyalitas dari para pelanggannya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keunikan di dalam bisnis franchise Anda. Pertama, buatlah SOP yang jelas dan berdisiplin terhadap pelaksanaan SOP. Ini perlu, karena faktor krusial dari rusaknya keunikan franchise salah satunya bisa disebabkan oleh tidak disiplinnya franchisee dalam menerapkan SOP yang ada. Karena itu,  franchisor perlu mengadakan monitoring dan evaluasi secara berkala. Kedua, inovasi tanpa henti. Sesuatu yang unik saat ini bisa saja akan menjadi sesuatu yang biasa saja di kemudian hari. Karena itu hal-hal baru perlu diciptakan dan diterapkan dalam bisnis Anda. Ketiga, meningkatkan added value dari keunikan itu. Keunikan atau differensiasi yang ditawarkan harus memberikan benefit bagi para konsumen.