Cara Mudah Menjadi Wirausaha dengan Bisnis Waralaba

0
23
www.suksesbisnisusaha.com

Cara Mudah Menjadi Wirausaha dengan Bisnis Waralaba — Memasuki gerbang globalisasi, peluang bisnis Indonesia memberikan beberapa tawaran yang beragam. Salah satunya peluang usaha waralaba atau franchise. Konsep yang berkembang di Amerika Serikat ini merupakan cara bagaimana menjual produk secara masal melalui jaringan distribusi yang jelas. Ide bisnis itu pun lambat laun diadopsi oleh Indonesia sebagai peluang usaha alternatif.

www.suksesbisnisusaha.com
www.suksesbisnisusaha.com

Lambat laun peluang usaha ini malah menjadi trend dan menjadi pilihan wirausaha untuk berbisnis. Selain caranya lebih praktis, prospek nya pun sangat menjanjikan serta dapat dijalankan oleh siapa saja. Alhasil, bisnis waralaba merupakan peluang usaha yang cukup menarik untuk digeluti.

Dalam waralaba, walaupun bersifat mengadopsi atau menduplikasi sebuah usaha, tetaplah harus berusaha bukan hanya diam saja. Aspek inilah yang harus dilihat oleh para wirausaha yang ingin mengembangkan bisnis nya menjadi franchise. Karena sebuah waralaba tidaklah menjamin akan mendatangkan keuntungan, bertahan lama, karena waralaba bukan usaha yang hanya duduk diam saja.

Kemudian bagaimana caranya waralaba bisa dilirik para investor. Pertama, selaku franchisor atau pemilik dalam bisnis waralaba tentulah harus membuktikan usahanya mampu bertahan lebih dari lima tahun sehingga investor mulai melirik. Karena para investor sangat cerdas dalam memilih peluang usaha apalagi waralaba yang bersifat kemitraan.

Kedua, biasanya waralaba memberikan sebuah pelatihan kepada investor, sehingga usaha yang akan dilakoni berjalan dengan baik. Sehingga inilah yang menjadi daya tarik waralaba karena akan dibimbing bagaimana menjadi sukses. Namun alangkah baiknya sebagai investor tentunya tidak boleh terbuai dengan cepatnya keuntungan yang masuk, sehingga perlu mawas diri.

Untuk mengantisipasi penyimpangan prosedur, biasanya franchisee mendapatkan Standar Oprasional Prosedur (SOP), Hal yang paling efisien sebagai petunjuk manual kepada para Frenchise supaya mampu melakukan kerja sistematis agar mendapat hasil maksimal.

Sebagai gambaran, carilah waralaba yang bukan musiman, sebagai contoh makanan cepat saji fried chicken, karena dari dulu hingga sekarang, waralaba fried chicken seperti California Fried Chicken (CFC), Kentucky Fried Chicken (KFC), Sabana Fried Chicken, Amazy Fried Chicken dan lain sebagainya. Hal ini mungkin faktor peluang usaha di mana produk makanan memberikan daya tarik pasar dalam jangka panjang. Faktor peluang bisnis pun harus melihat segmentasi dan kualitas produk itu hingga jangka panjang, dalam kasus waralaba faktor trend atau waralaba musiman lebih baik dikesampingkan.

Bisnis waralaba bisa menjadi alternatif yang patut diperhitungkan, karena biasanya franchisor mampu melihat potensi pasar dan mempunyai perhitungan yang matang. Sehingga para investor nantinya mendapatkan keuntungan yang dapat diukur. Dalam aspek kemitraan, seorang wirausaha waralaba harus memperhitungkan margin yang ditarik, sehingga tidak merugikan kedua belah pihak.

Berbisnis waralaba anda tidak perlu khawatir dengan legalitasnya, karena merek dagang dilundingi oleh Undang-undang Hak Kekayaan dan Intelektual (HAKI). Dalam contoh ini, bisa kita ambil sample peluang usaha waralaba makanan. Semakin menjamurnya jenis waralaba seperti ini membuat para plagiat-plagiat tidaklah terbendung. Namun dengan adanya HAKI akan meminimalir adanya kasus tersebut. Sehingga tidak menjadi urusan pelik atau masuk dalam tataran hukum/sengeketa.

Sebagi peluang usaha, bisnis waralaba memang memberikan ide bisnis yang cukup menjanjikan. Tapi para franchisee harus selalu mempunyai perhitungan dan memiliki beberapa alternatif pilihan, sehingga tidak terbuai dengan janji janji keuntungan waralaba yang begitu besar. ketika sudah memiliki waralaba, haruslah melakukan check check dan check, sehingga bisnis yang dijalani akan mendapatkan keuntungan dan bertahan untuk jangka panjang.