Bisnis Kuliner Di Tahun 2015 Harus Berani Berinovasi

0
24

Bisnis Kuliner Di Tahun 2015 Harus Berani Berinovasi — Bagaimana kira-kira peluang bisnis makanan di tahun 2015, apakah bisa diharapkan sebagai bisnis yang prospektif, atau haruskah pilih bisnis yang lain lantaran bisnis makanan sudah terlalu padat pemain ? Ya tentu saja, bisnis makanan merupakan bisnis paling prospektif sepanjang masa.

usaha kreatif kuliner
www.suksesbisnisusaha.com

Memilih bisnis ini sebagai bisnis di masa depan khususnya di tahun 2015, tentu bukan hal yang salah. Makanan akan selalu eksis di ranah bisnis, namun di masa depan yang penuh tantangan nanti, bisnis makan tentunya juga harus mampu menyesiakan sikap dan selara pasar yang ada. Lalu bisnis makanan yang seperti apa yang bagus dijalankan di 2015 nanti? ini mungkin bisa jadi perhatian dan pertimbangan untuk kita semua.

1. Harus berani berinovasi

Inovasi adalah satu kata yang tepat yang harus kita sertakan dalam menjalankan bisnis makanan di 2015. Apa yang dimaksud dengan inovasi dalam bisnis makanan itu? inovasi merupakan sentuhan berbeda dari biasanya, sehingga produk atau kemasan usaha makanan yang kita bangun punya nilai lebih dibanding pesaing usaha sejenis atau serupa.

Inovasi dalam bisnis makanan tentu maknanya cukup luas. Inovasi bisa dari bentuk kemasan produk, inovasi soal rasa, inovasi soal nama produk, serta inovasi dalam mengemas usaha yang lebih ekonomis, cepat, praktis, efektif dan efisien. Keberanian dalam berinovasi sangat dibutuhkan dalam bisnis makanan di masa yang akan datang. Sikap pasar saat ini lebih cenderung mudah menerima produk makanan baru yang tergolong beda dari yang lainnya.

Dan reaksi pasar terhadap produk yang inovatif bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kemasan, nama produk yang unik, cara berpromosi yang tepat namun beda, dan juga segmentasi pasar yang jelas arahnya. Bila ingin memenangkan persaingan di bisnis makanan di tahun 2015, maka berani tampil beda adalah salah satu kuncinya.

2. Makanan sehat bisa jadi pertimbangan

Dijaman yang seperti sekarang ini, dimana banyak produk makanan kemasan menggunakan bahan pengawet, ditambah lagi kondisi alam yang tidak seimbang karena polusi dan asap, tentu banyak orang haus akan gaya hidup sehat. Dan salah satu fasilitas hidup sehat adalah lewat makanan sehat yang dikonsumsi.

Dan, ini pun jadi celah bagus untuk mengambil segmen di bisnis makanan sehat. Initinya, kita bisa menawarkan produk makanan sehat, baik itu makanan kemasan tanpa pengawet, maupun rumah makan atau restoran dengan konsep menu makanan sehat. Ini pula melibatkan unsur inovatif yang kita bahas di atas tadi. Intinya sama, berani tampil beda itu lebih baik.

3. Konsep usaha harus berani beda

Lebih spesifik mengenai berani tampil beda, kita juga bisa tampil beda dari segi bentuk usaha yang ditawarkan. Di luar negeri sana ada restoran yang menggantung di udara, dan di Jakarta ada restoran dengan konsep restoran penjara. Mereka berani berbeda dari yang lainnya, dan hasilnya tentu saja membuat banyak orang penasaran ingin mencoba. Kalau mereka berani beda, bagaimana dengan Anda. Salam bisnis.