Home Usaha Peternakan Peluang Usaha Ternak Budidaya Kenari

Peluang Usaha Ternak Budidaya Kenari

Peluang Usaha Ternak Budidaya Kenari Burung Kenari (Serinus canaria) berasal dari prancis di kepulauan canary pada abad ke 15, memiliki keindahan bulu dan suara yang merdu, burung kenari di Indonesia kini sedang menjadi tren, ditambah dengan banyaknya acara pameran burung kenari hingga perlombaan keindahan bulu dan suara merdunya, sehingga burung kenari ini banyak dicari saat ini. Burung kenari menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Berbagai jenis burung kenari yang sedang digemari masyarakat yaitu : Kenari Border, Kenari Gloster, Kenari Norwich, Kenari Cinnamon, Kenari Yorkshire, Kenari Lancashire, Kenari Waterslager, Kenari Fife Fancy, Kenari Scoth Fancy, Kenari Roller, Kenari Crest, Kenari Frill, Kenari Spanish Timbrado, Kenari American Singer, Kenari Lizard, Kenari Belgian Fancy, Kenari Color Breed Canary. Dengan banyaknya jenis burung ini maka untuk memilih jenisnya harus sesuai dengan tujuan, untuk kenari postur (type canary), kenari penyanyi (song canary), kenari warna (color canary). Kenari yang biasa disenangi adalah yang berpostur besar dan lagunya bagus.

Peluang Usaha Ternak Budidaya Kenari

Harga pasar Burung Kenari

Burung kenari dikenal memiliki harga pasar yang stabil yang dapat menguntungkan bagi pelaku usaha, untuk burung kenari jenis lokal dengan usia 1-2 bulan biasanya dijual dengan harga Rp 300.000 – Rp 500.000, dan untuk usia lebih dari itu bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan untuk burung kenari Import untuk usia dibawah 1 bulan dijual berkisar Rp 500.000 – Rp 600.000.

Cara pemeliharaan burung kenari yaitu :

Sangkar

Sangkar burung kenari ini harus sering dibersihkan sehingga bersih dan nyaman bagi burung tersebut. Ukuran sangkar besar dengan ukuran 45 x 45 x 50 cm dan diberi tangkringan berdiameter 1 cm dari kayu. Jauhkan sarang dari tempat keramaian yang akan membuat burung stress.

Perkembang biakan

Memilih induk kenari yang baik sehingga akan menghasilkan anak yang unggul. Kenari siap kawin biasanya dimulai dari umur 8 bulan. Jenis kelamin dari burung kenari dapat dilihat dari postur tubuh jantan lebih kecil dengan paruh yang tebal sehingga suara kicauan lebih keras. Proses penjodohan kenari dengan cara kenari jantan dan betina ditempatkan pada sangkar yang berbeda namun didekatkan, kemudian langsung di masukkan dalam satu sangkar.

Penjualan

Rajin-rajinlah melatih burung kenari anda dengan suara master dari burung lain dan berikan gizi yang baik sehingga menghasilkan burung kenari yang unggul

Pakan

Cukup mudah dalam memberi makan burung kenari ini bisa dengan buah-buahan dan sayuran, telur, kroto, roti kering dan lain-lain

Kendala dalam beternak kenari :

Memerlukan kesabaran dalam menjalani proses peternakan.
Induk betina tidak mau bertelur dengan berbagai penyebab : belum cukup umur, sarng tidak nyaman dll
Terkadang telur tidak mau menetas dengan berbagai hal (anda harus memperhatikan penyebabnya sehingga tidak terulang kembali)
Anak mati jika kekurangan gizi jadi anda harus memperhatikan makanan anak burung kenari ini

Tips promosi

Ikutkan burung kenari anda pada lomba-lomba, ini dapat menguji kualitas ternakan Burung Kenari anda
Rajin-rajinlah mengikuti pameran burung kenari untuk mencari pembeli

Demikian ulasan singkat seputar Peluang Usaha Budidaya Kenari, Semoga bermanfaat untuk pembaca.