Cara Sukses Budidaya Bekicot

By on April 15, 2015
Cara Sukses Budidaya Bekicot Reviewed by Usaha Sukses on . This Is Article About Cara Sukses Budidaya Bekicot

Cara Sukses Budidaya Bekicot — Bekicot adalah salah satu jenis hewan yang dapat dibudidayakan dan diambil manfaatnya untuk berbagai kepentingan, seperti untuk dijadikan pakan ternak, diolah untuk dijadikan makanan konsumsi manusia, dan juga dijadikan ramuan obat untuk terapi penyembuhan berbagai macam penyakit. Di pulau jawa, hewan yang berasal dari daerah Afrika Timur ini sangat mudah […]

Rating: 4

Cara Sukses Budidaya Bekicot — Bekicot adalah salah satu jenis hewan yang dapat dibudidayakan dan diambil manfaatnya untuk berbagai kepentingan, seperti untuk dijadikan pakan ternak, diolah untuk dijadikan makanan konsumsi manusia, dan juga dijadikan ramuan obat untuk terapi penyembuhan berbagai macam penyakit. Di pulau jawa, hewan yang berasal dari daerah Afrika Timur ini sangat mudah untuk dijumpai. Dengan manfaatnya yang cukup banyak, budidaya bekicot bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan.
Bekicot

Cara Sukses Budidaya Bekicot

Bisnis Budidaya Bekicot

Budidaya bekicot bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang bagus untuk kita tekuni, pasalnya cara budidaya hewan ini terbilang cukup mudah. Akan tetapi kita perlu menggaris bawahi bahwa ada berbagai macam jenis bekicot yang bisa kita temukan, dan hanya ada beberapa jenis saja yang bisa kita budidayakan. Saat ini jenis bekicot yang umum dibudidayakan oleh masyarakat untuk diambil manfaat-manfaatnya tersebut yakni jenis Achatina Fulica dan juga jenis Achatina Variegata.

Ciri-ciri dari bekicot jenis tersebut yakni cangkang atau tempurungnya memiliki warna dan motif garis-garis, sebagian besar dari kita semua tentu sudah pernah melihat bekicot-bekicot yang demikian ini di semak-semak sekitar rumah kita. Bekicot jenis Achatina Fulica memiliki warna garis-garis yang tidak begitu tajam atau mencolok, sementara bekicot jenis Achatina Variegata memiliki warna garis-garis yang tebal. Berikut akan kita pelajari beberapa hal dan tips tentang cara budidaya bekicot untuk berbisnis.

Cara Beternak Bekicot

Tips pertama yang akan kita bicarakan di sini yakni tentang bagaimana cara beternak bekicot. Beternak bekicot tentu saja kita awali dengan melakukan proses pembibitan. Kita perlu mencari indukan bekicot dari kedua jenis yang telah disebutkan di atas, kemudian kita kembang biakan. Mula-mula kita perlu mengumpulkan bekicot di semak-semak, pepohonan pisang, pepohonan kelapa, dan lain-lain, kemudian kita seleksi beberapa yang bisa dijadikan indukan. Indukan yang baik adalah bekicot jantan dan betina yang tidak cacat, serta memiliki berat kurang lebih 90 gram.

Perkawinan bekicot bisa dilakukan hanya dengan mencampurkan bekicot-bekicot jantan dan betina di dalam satu kandang, selanjutnya bekicot-bekicot betina akan bertelur di sembarang tempat. Telur-telur bekicot berjumlah hingga 100 butir dalam sekali bertelur. Ukuran dari telur bekicot sangat kecil, yakni sekitar 2 milimeter saja per butirnya. Setelah bertelur, bekicot tidak akan menunggui telur-telurnya, sedangkan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh telur-telur tersebut untuk menetas sangat bergantung pada kondisi lingkungan yang ada.

Membuat Kandang Bekicot

Lingkungan yang ideal untuk beternak bekicot yaitu lingkungan yang teduh dan lembab dengan suhu antara 25 sampai 30 derajat celcius. Kita perlu membuat kandang bekicot untuk proses pembibitan, penetasan telur, hingga pembesaran bekicot. Kandang bekicot bisa dibuat dengan tiga cara, yakni dengan menggunakan kayu, membuat bak dari semen, maupun menggali tanah. Ukuran kandang idealnya adalah 1 meter x 1 meter, sedangkan tingginya yaitu sekitar 1,25 meter. Kemudian, agar bekicot tidak merambat keluar kandang, maka perlu kita pasang kawat kasa di bagian atas kandang.
Cara Memelihara Bekicot

Teknik budidaya bekicot sangatlah mudah, bisa dilakukan dengan memisahkan bekicot berdasarkan ukurannya maupun dicampur menjadi satu di dalam kandang. Cara ternak yang praktis membuat para pelaku budidaya bekicot dapat dengan mudah menjalankan usaha ini dengan baik. Beberapa hal yang perlu kita ingat dalam memelihara bekicot yakni menjaga kelembaban di sekitar kandang, menjaga kandang agar selalu teduh, melindunginya dari hewan pemangsa, dan juga memberikan pakan secara teratur.

Hama yang bisa menyerang bekicot diantaranya yaitu semut, ayam, bebek, dan sebagainya. Kemudian pakan yang paling baik untuk bekicot yakni daun bayam, daun pepaya, buah pepaya, buah terong, buah mentimun, dan sebagainya. Itulah beberapa tips dan penjelasan seputar teknik beternak bekicot.