Tips Cara Menjadi Petani Yang Sukses

0
41
Tips Cara Menjadi Petani Sukses
Tips Cara Menjadi Petani Sukses

Tips Cara Menjadi Petani Sukses – saya akan berbagi mengenai beberapa tips yang menurut saya dapat mengantarkan anda menjadi seorang petani yang sukses. pada dasarnya bertani sudah menjadi keahlian oleh bangsa kita tapi kita sendiri tidak pernah merasakannya, bertani itu sebenarnya sangatlah gampang kita hanya menanam, merawat, serta memanen. tapi yang membuat kita tidak mau untuk bertani ialah karena tempat kita bekerja yang bersentuhan langsung dengan tanah makanya banyak diantara kita yang tidak mau bertani sebab mereka takut badannya akan kotor terkena tanah.

Tips Cara Menjadi Petani Sukses
Tips Cara Menjadi Petani Sukses
Tapi ada lagi satu faktor yang mnembuat kita sangat malas atau enggan untuk bertani yaitu pendapatan yang diterima tidak begitu menjanjikan (menurut kebanyakan orang), sebab para petani hanya mendapatkan pendapatan setelah mereka panen saja atau sekitar 3 bulan untuk tanaman musiman dan butuh sekitar 2-3 tahun untuk tanaman tahunan. tapi menurut saya bertani sangatlah menjanjikan jika kita mempunyai beberapa hal untuk menjadi seorang petani yang sukses.
Berikut ini saya akan berbagi kepada anda tentang cara menjadi petani yang sukses, walaupun saya bukan petani tapi percaya atau tidak saya seorang sarjana pertanian (SP). berikut tipsnya :
1. Modal
Hal yang harus dibutuhkan untuk menjadi seorang petani yang sukses ialah modal, dengan adanya modal kita dapat mempergunakannya untuk membeli peralatan pertanian, membeli pupuk, membayar pekerja, serta yang paling penting ialah modal dapat digunakan untuk mengadakan lahan untuk bertani. modal usaha dapat didapatkan dimana saja, sekarang ini sudah banyak bank nasional maupun swasta yang memberi pinjaman modal kepada petani untuk bercocok tanam.
2. Lahan
Tips saya selanjutnya ialah setelah kita mendapatkan modal, hal yang seharusnya kita lakukan ialah membeli sebidang tanah atau menyewanya, dan lebih bagus lagi bila kita sudah mempunyai lahan sendiri untuk memulai membangun usaha pertanian.
3. Ilmu Tentang Pertanian
Selain kedua hal diatas tips saya selanjunya ialah untuk menjadi seorang petani yang sukses kita harus mempunyai ilmu dulu mengenai pertanian itu sendiri, ilmu tentang pertanian itu sendiri tidak mesti didapatkan dengan sekolah dulu melainkan kita bisa mendapatkannya dari belajar sendiri atau bertanya kepada petani lain yang sudah berpengalaman serta kita juga dapat bertanya atau berdiskusi kepada para penyuluh pertanian yang dapat membimbing kita.
4. Niat dan Kemauan
Hal terakhir yang untuk menjadi seorang petani yang sukses ialah Niat dan kemauan, tanpa niat dan kemauan kita tidak akan bisa menjadi seorang petani yang sukses sebab menjadi seorang petani kesabaran kita akan diuji. dan ingat semua usaha yang dilakukan oleh manusia pasti pernah mengalami jatuh bangun, jadi untuk menjadi seorang petani yang sukses kita harus mempunyai niat dan kemauan yang sangat besar.
semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan untuk para petani muda.