Penderita Diabetes Mellitus Wajib Menanam Mahkotadewa

By on June 26, 2015
Penderita Diabetes Mellitus Wajib Menanam Mahkotadewa Reviewed by Peluang Bisnis on . This Is Article About Penderita Diabetes Mellitus Wajib Menanam Mahkotadewa

Penderita Diabetes Mellitus Wajib Menanam Mahkotadewa  — Pilihan lain untuk mengatasi diabetes mellitus adalah buah mahkotadewa Phaleria macrocarpa. buahnya berwarna merah marun seukuran bola pingpong. Menurut dr regina sumastuti spFK dari Farmakologi Universitas Gajah Mada, mahkotadewa mengandung senyawa alkaloida, flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan minyak asiri. tanin berkhasiat antitumor. senyawa flavonoid dapat memperkuat pembuluh darah, […]

Rating: 5

Penderita Diabetes Mellitus Wajib Menanam Mahkotadewa  — Pilihan lain untuk mengatasi diabetes mellitus adalah buah mahkotadewa Phaleria macrocarpa. buahnya berwarna merah marun seukuran bola pingpong. Menurut dr regina sumastuti spFK dari Farmakologi Universitas Gajah Mada, mahkotadewa mengandung senyawa alkaloida, flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan minyak asiri. tanin berkhasiat antitumor. senyawa flavonoid dapat memperkuat pembuluh darah, antitumor, serta diduga paling berpengaruh dalam mengatasi diabetes.

suksesbisnisusaha.com

suksesbisnisusaha.com

Menurut hasil penelitian Willaman 1955, flavonoid melindungi sel-sel β pulau langerhans yang bertugas memproduksi insulin. tingkat keparahan diabetes dipengaruhi kerusakan sel-sel β. Jika kerusakannya parah, pankreas gagal memproduksi insulin sehingga membutuhkan suntikan. Pada tahap itu, pemanfaatan mahkotadewa hanya sebagai pengendali. namun jika tidak terlalu parah, masih cukup besar kemungkinan sembuh.

regina menyarankan untuk pengobatan diabetes sebaiknya pasien mengkonsumsi rebusan 3 buah mahkotadewa yang diiris kering. Jika menggunakan ekstrak mahkotadewa berupa minuman instan, cukup 1 sendok makan. Hindari mengkonsumsi buah mahkotadewa mentah. sifat proteinuri menyebabkan protein tertimbun dalam urine. buah mahkotadewa, daun sirih merah, dan umbi gadung, hanya sebagian kecil herbal yang bersifat antidiabetes.

suksesbisnisusaha.com

suksesbisnisusaha.com

daftar tanaman penurun kadar gula tubuh akan terus bertambah sejalan intensifnya penelitian obat tradisional. sekadar menyebut contoh adalah pule pandak dan brotowali yang mengandung koloida penurun kadar gula. “Mungkin saja beberapa tanaman dengan kandungan kimia berbeda dapat digunakan untuk mengontrol kelebihan gula. Misal buah mahoni, bunga teratai, buncis, dan daun salam,” kata dr setiawan dalimartha, pendiri Himpunan Pengobatan tradisional indonesia.

Kandungan kimia pada buah mahoni antara lain saponin dan flavonoida. daun salam mengandung 0,05% minyak asiri yang terdiri dari sitral dan eugenol, tanin, serta flavonoida. sedangkan biji buncis atau buah muda tersusun atas gluco protein, tripsin inhibitor, hemaglutinin, stigmasterol, sitosterol, campesterol, allantoin, dan inositol. “sulit memastikan senyawa yang berpengaruh menurunkan kadar gula dalam darah,” kata setiawan.

suksesbisnisusaha.com

suksesbisnisusaha.com

Yang jelas pada tanaman tersebut mengandung senyawa yang mampu merangsang pankreas mengeluarkan hormon insulin. Hormon insulin ini berperan mengontrol kadar gula. Masing-masing tanaman mempunyai tingkat keampuhan berbeda sehingga bila digabungkan hasilnya akan lebih baik.

“tapi ingat, diabetes tidak bisa disembuhkan. Pengobatan sifatnya hanya kontrol. Jadi, hasil maksimal yang mungkin bisa dicapai sebatas angka kadar gula normal,” kata setiawan. Kerusakan kelenjar

pankreas sebagai penyebab diabetes tak bisa pulih.Meski demikian mereka dapat mengontrol kadar gula darah dengan beragam pilihan herbal. bandingkan bila harus memanfaatkan obat diabetes seperti golongan sulfonil urea dan biguanida serta suntikan insulin.Harga obat-obatan itu relatif mahal dan pasien mesti menggunakan dalam jangka panjang yang menimbulkan dampak buruk. Oleh karena itu obat yang murah, mudah diperoleh, dan yang penting aman alias efek samping jauh lebih kecil ketimbang obat sintetis sangat dinanti. Gadung, daun sirih merah, VCO, dan buah mahkotadewa mempunyai persyaratan itu