Usaha Perikanan Darat Lele Masamo Di Mojokerto

By on December 31, 2014
Usaha Perikanan Darat Lele Masamo Di Mojokerto Reviewed by Peluang Bisnis on . This Is Article About Usaha Perikanan Darat Lele Masamo Di Mojokerto

Usaha Perikanan Darat Lele Masamo Di Mojokerto − Lele Masamo merupakan jenis strain baru lele dumbo. Lele jenis ini banyak dibudidayakan petani ikan di Mojokerto. Selama ini ada dapat keluhan dari petani ikan, soal pertumbuhan benih lambat, tingkat kematian tinggi dan mudah terserang penyakit. Lele Masamo yang lebih cepat pertumbuhannya dan tahan penyakit diharpakan menjadi pemecah maslah tersebut. Pertumbuhan […]

Rating: 4

Usaha Perikanan Darat Lele Masamo Di Mojokerto − Lele Masamo merupakan jenis strain baru lele dumbo. Lele jenis ini banyak dibudidayakan petani ikan di Mojokerto. Selama ini ada dapat keluhan dari petani ikan, soal pertumbuhan benih lambat, tingkat kematian tinggi dan mudah terserang penyakit. Lele Masamo yang lebih cepat pertumbuhannya dan tahan penyakit diharpakan menjadi pemecah maslah tersebut. Pertumbuhan ikan itu memanng lebih bagus dari strain lele dumbo yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, lele Masamo mulai dikembangkan.

Ikan Lele Masamo

Ikan Lele Masamo

Gerakan benihnya lincah dan agresif, karena itu jangan sampai terlambat dalam pemberian pakan karena lele ini sifat kanibal nya tinggi, karena kantung perutnya lebih besar sehingga makannya lebih banyak dan cepat lapar. Kalau tangan kita masukkan dalam kolam langsung diserbunya karena dikira makanan. Hasil produksi benih lele Masamo sudah banyak dibeli petani-petani pembudidaya saat ini. Seperti diketahui, kualitas   yang ada saat ini telah jauh menurun dibanding ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 1985.

Penurunan kualitas tersebut terindikasi dari lele dumbo yang kini gampang terserang penyakit, survival rate benih lele rendah, efisiensi pakan rendah di sisi pembesaran serta laju pertumbuhannya yang lambat. Tanggap dengan keadaan ini pada tahun 2008, PT MS kemudian mendirikan unit pembenihan lele. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan lele unggul yang kemudian selanjutnya dikenal sebagai lele Masamo. Proses pembenihan dan pemuliaan induk lele unggul Masamo dilakukan dengan menggunakan induk lele Afrika impor dan lele Asia Tenggara. Induk lele Afrika dipilih karena pertumbuhannya yang cepat, toleransi stress tinggi serta produktifitasnya yang tinggi.

Namun karena sifat kanibalnya juga tinggi maka diperlukan proses breeding lanjutan dengan strain lele unggul lokal seperti lele sangkuriang, lele paiton dan lele dumbo. Dalam proses breeding ini unit pembenihan lele Masamo mendapat supervisi dari BBPBAT Sukabumi serta pakar dari kalangan akademik & universitas. Hingga medio kini tak kurang dari 5 strain unggul ikan lele sedang dikembangkan di hatchery Masamo. Proses pengembangan tersebut masih terus dilanjutkan lele Masamo menjadi lebih baik lagi. Selamat kepada para petani Ikan Lele dan terima kasih kepada PT MS atas inovasinaya.