Update Harga Pasaran Ikan Gurame Terbaru 2015

By on January 28, 2015
Update Harga Pasaran Ikan Gurame Terbaru 2015 Reviewed by Peluang Bisnis on . This Is Article About Update Harga Pasaran Ikan Gurame Terbaru 2015

Update Harga Pasaran Ikan Gurame Terbaru 2015 − Harga berbagai jenis ikan tawar di beberapa kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat naik hampir 100 persen dibanding pekan sebelumnya. Kenaikan harga sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.Di sejumlah pasar tradisional, harga ikan mas yang semula hanya Rp18 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp25 ribu per […]

Rating: 5

Update Harga Pasaran Ikan Gurame Terbaru 2015 − Harga berbagai jenis ikan tawar di beberapa kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat naik hampir 100 persen dibanding pekan sebelumnya. Kenaikan harga sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir.Di sejumlah pasar tradisional, harga ikan mas yang semula hanya Rp18 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp25 ribu per kilogram. Begitu harga ikan mujahir naik dari Rp18 ribu menjadi Rp23.000/kg, dan ikan kakap merah dari Rp20 ribu kini Rp Rp37 ribu/kg, dan ikan gurame semula Rp45.000/kg kini Rp55.000/kg.

Ikan gurami

Ikan Gurami

Dipasaran ikan kon­sum­si di berbagai tempat masih menjanjikan. Harga ikan gurami saja misalnya dijual di pasar Ibuh mencapai Rp35 ribu per kg. Untuk jenis ikan mas/rayo Rp30 ribu per kg dan ikan nila juga mencapai Rp30 ribu per kg, lele dijual pedagang di pasar tradisional mencapai Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kgnya.

Sejalan dengan hal itu, pemberantasan kemiskinan di bidang perikanan juga dikem­bangkan.  Se­be­lum­nya sudah ada prog­ram mina pedesaan. Untuk pe­ning­katan produksi dan pro­duk­tifitas usaha pe­rikanan skala mikro. Prog­ram ter­sebu, untuk lebih me­num­buhkan wirausaha baru di bidang perikanan bu­didaya melalui kelompok usaha, seka­ligus men­do­rong pe­ningkatan pro­duksi.Produktivitas perikanan terus dipacu, termasuk meng­-efektifkan budidaya perairan umum, jaring apung dan mina padi, se­hingga produksi ikan kon­sumsi diharapkan terus meningkat. Tahun 2015 ini de­ngan berbagai upaya terhadap petani/peternak ikan budidaya akan di­lakukan, diharapkan pro­duksi ikan konsumsi daerah ini mampu mencapai 91 ribu ton per tahun.

Ditargetkan produksi ikan budidaya kolam se­berat 78 ribu ton, budi­daya ikan di sawah (mina padi) seberat 12 ribu ton dan perikanan perai­ran umum seribu ton. Guna men­dukung pen­ca­paian target tersebut, ma­ka kebijakan umum pe­rikanan lima ta­hun ke de­pan di Li­ma­puluh Kota, adalah pe­ningkatan pro­duk­tifitas produksi pe­rikanan terutama pe­ri­kanan budidaya dan pe­manfaatan perairan umum.

Maman, salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Cikurubuk, Tasikmalaya, menjelaskan melonjaknya harga berbagai jenis ikan tawar terjadi akibat cuaca. Cuaca yang buruk membuat nelayan sulit melaut untuk mendapatkan ikan. Di sisi lain, permintaan konsumsi ikan yang meningkat menjelang Ramadan. Sedangkan untuk bahan pokok lainnya, di Pasar Kosambi dan Sayati, Bandung, serta Pasar Tradisional Ciamia, seperti minyak curah sekarang dijual Rp12.500. Padahal sebelumnya hanya Rp10 ribu, telur Rp17.700 kini Rp18 ribu/kg, gula merah dari Rp11.500 menjadi Rp13 ribu/kg.Para pembeli di Tasikmalaya mengaku tidak jadi membeli aneka kebutuhan itu di pasar tradisional. Karena uangnya tidak cukup untuk beli ikan-ikan yang terus melonjak naik.