Home Usaha Perikanan Tutorial Cara Memotong IKan Menjadi Fillet

Tutorial Cara Memotong IKan Menjadi Fillet

Tutorial Cara Memotong IKan Menjadi Fillet − Salah satu menu yang sering menjadi andalan keluarga adalah masakan ikan. Dengat sifatnya yang dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, ikan juga seringkali diolah dalam bentuk fillet. Pasti kita sering menyantap fillet ikan seperti ikan salmon, ikan kakap, ikan gurami, atau mungkin ikan nila. Selain sangat praktis disajikan, ternyata masakan ikan juga mengandung banyak protein. Oleh karena itu, masakan fillet ikan menjadi salah satu bahan masakan indonesia yang sering diandalkan ibu-ibu rumah tangga.

Tutorial Cara Memotng IKan Menjadi Fillet 1

Proses Pembuatan Fillet IKan

Tentunya sangat menyenangkan dapat menyantap fillet ikan yang praktis ini, namun pernahkah Anda mencoba membuat masakan fillet ikan sendiri? Bagi koki yang sudah profesional, mem-fillet ikan dapat dilakukan kurang dari satu menit karena mereka telah mengetahui cara memotong fillet ikan dengan benar. Namun bagi yang masih belum berpengalaman mem-fillet ikan cukup memakan waktu. Tak perlu ragu untuk mencobanya, Anda dapat mencobanya didapur Anda sendiri dengan tips mem-fillet ikan berikut ini.

 TIPS CARA MUDAH MEMBUAT FILLET  IKAN :

Tutorial Cara Memotng IKan Menjadi Fillet 2

Langkah Membuat Fillet Ikan Yang Benar

Pilih ikan yang masih segar
Sebelum mem-fillet ikan, pastikan ikan harus dalam keadaan segar. Jangan lupa untuk membersihkan bagian isi perut ikan sehingga saat mem-fillet ikan, daging ikan dapat terpotong dengan baik. Gunakan kain lap bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapan ikan agar ikan dapat cepat dipotong.

Gunakan pisau tajam

Gambar Pisau Kusus Untuk Fillet Ikan

Gambar Pisau Kusus Untuk Fillet Ikan

Gunakan pisau yang tajam untuk memulai fillet. Buatlah sayatan di belakang kepala dan insang, potong miring.

Potong dengan garis
Buatlah sebuah garis dengan ujung pisau sampai ke bagian ekor ikan. Kemudian potong bagian atas ikan sehingga pisau Anda berhenti pada bagian tulang dan sirip ikan. Ketika mendekat ke bagian ekor, maka pisau akan memotong daging ikan secara garis lurus.

Angkat ikan dengan lembut
Jika ikan sudah terbelah sampai dibagian ekor, gunakan tulang belakang sebagai panduan menjalankan ujung pisau untuk mem-fillet. Lakukan secara perlahan.

Balikkan ikan
Balikkan ikan lalu lakukan langkah-langkah diatas pada posisi lain. Selamat, kini Anda telah mengetahui tips memotong fillet ikan dengan benar. Selamat mencoba

close
close