Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan

By on April 16, 2015
Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan Reviewed by Peluang Bisnis on . This Is Article About Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan

Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan —  Arwana merupakan ikan karnivora, di alam mereka memakan serangga, ikan, udang, cacing, dan beberapa jenis amfibi kecil seperti katak. Oleh karena itu makanan hidup merupakan diet utama bagi Arwana. Dalam banyak kasus Arwana dapat pula menerima makanan buatan, terutama setelah melalui tahapan pengenalan terlebih dahulu. Seperti dianjurkan untuk jenis […]

Rating: 4

Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan —  Arwana merupakan ikan karnivora, di alam mereka memakan serangga, ikan, udang, cacing, dan beberapa jenis amfibi kecil seperti katak. Oleh karena itu makanan hidup merupakan diet utama bagi Arwana. Dalam banyak kasus Arwana dapat pula menerima makanan buatan, terutama setelah melalui tahapan pengenalan terlebih dahulu. Seperti dianjurkan untuk jenis ikan lainnya, pakan hendaknya diberikan secara bervariasi.

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti memberi makan ikan Arwana, tapi apabila diberi makan hanya satu kali dalam sehari kemungkinan Arwana bisa kelaparan dan mengalami stres. Untuk ikan Arwana yang sedang mengalami masa pertumbuhan sangat membutuhkan makanan yang mengandung banyak lemak. Dan Arwana yang sudah dewasa dianjurkan diberi makanan yang banyak mengandung banyak serat agar mendukung kecerahan warna tubuh Arwana.

1. Arwana Muda

Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan 1

Arwana Muda Berukuran Kecil

  • Makanan untuk ikan Arwana yang masih muda biasanya adalah anak katak, anak ikan mas, jangkrik, atau belalang yang berguna untuk menambah nafsu makan.
  • Waktu pemberian makan disarankan antara pukul 7 sampai 8 pagi diberi makanan berupa jangkrik atau belalang sebanyak 2 sampai 3 ekor, dan jangan lupa kaki belalang dan jangkrik tersebut dibuang terlebih dahulu.
  • Pada siang hari sekitar pukul sebelas, beri makan berupa anak katak sebanyak 1 ekor.
  • Untuk sore harinya sekitar pukul empat sampai lima, berikan 1 ekor anak katak.

 

2. Arwana Dewasa

Memberi Pakan Arwana Dari Ukuran Ikan 2

Arwana Dewasa

Untuk Arwana yang sudah dewasa yang memiliki ukuran tubuhnya sudah mencapai diatas 30 cm, porsinya adalah sebagai berikut:

  • Pagi hari sekitar pukul 7 sampai pukul 8, beri makan berupa anak katak sebanyak 2-3 ekor.
  • Kemudian untuk siang hari pada pukul 11, beri makan berupa kelabang sebanyak satu sampai dua ekor atau jangkrik sebanyak empat sampai lima ekor.
  • Pada pukul dua siang beri makanan berupa katak sebanyak satu sampai dua ekor.
  • Sore hari sekitar pukul lima sampai enam, beri makan sebanyak dua sampai tiga ekor jangkrik atau belalang.
  • Jika ikan Arwana masih terlihat lapar, maka silahkan berikan makanan tambahan.

Yang perlu diperhatikan, apabila Arwana mengalami kelebihan makanan dalam jangka lama, mereka akan kehilangan nafsu makan dan tidak akan mau makan selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Kelebihan makanan tidak jarang menyebabkan Arwana berumur pendek dan sampai tahap tertentu akan mempengaruhi kemampuannya ber-reproduksi.