Home Usaha Perikanan Membedakan Bibit Lele Jantan dan Betina

Membedakan Bibit Lele Jantan dan Betina

Membedakan Bibit Lele Jantan dan Betina − Jika anda ingin terjun di usaha pembibitan lele, hal yang terpenting anda ketahui adalah membedakan jenis kelamin lele calon indukan apakah jantan atau betina. Dalam membedakan jenis kelamin lele sebenarnya tidak sulit anda hanya harus teliti dalam membedakannya.

Perbedaan Lele Jantan dan Betina

Perbedaan Lele Jantan dan Betina

Ciri-ciri lele betina

Jika dilihat dari bentuknya lele betina memiliki bentuk tubuh melebar dan memiliki bentuk kepala lebih besar sedangkan jantan lebih cenderung ramping dengan bentuk kepala lebih kecil. Warna kulit dada pada lele betina juga lebih terang dibanding dengan lele jantan.
Lele betina juga memiliki kelamin berbentuk seperti oval atau menyerupai daun. serta terdapat lubang yang agak lebar. dan berwarna agak kemerahan.

Ciri-ciri lele jantan

Lele jantan memiliki bentuk kelamin yang cenderung memanjang atau menonjol kearah belakang. terletak pada bagian bawah anus. dan memiliki warna yang agak kemerahan.
Lele jantan juga cenderung lebih lincah dibanding lele betina. Hal ini dikarenakan lele jantan lebih ramping dibanding betina.

Nah demikian cara yang anda harus perhatikan dalam membedakan mana lele betina dan mana lele jantan.

 

close
close