Home Usaha Perikanan Jenis Umpan Yang Baik Untuk Ikan Arwana

Jenis Umpan Yang Baik Untuk Ikan Arwana

Jenis Umpan Yang Baik Untuk Ikan Arwana − Banyak jenisnya, tapi tidak semua makanan arwana baik untuk kesehatannya. Makanan arwana seperti udang air tawar, ikan seribu, anak ikan mas, anak ikan gabus, katak, kelabangk, jangkrik dan belalang pada umumnya sangat disukai oleh ikan arwana. Jenis makanan seperti ikan dan katak dapat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan arwana. Sedangkan untuk memperindah dan mencerahkan tubuh ikan arwana makanan yang cocok adalah berupa udang air tawar, kelabang, jangkrik dan belalang. Tapi berdasarkan pengalaman para hobiis, tidak semua jenis makanan tersebut bagus untuk arwana. Misalnya ikan seribu dan anakan ikan gabus dapat mengakibatkan sungut ikan arwana patah. Karena kedua jenis ikan tersebut pergerakannya sangat lincah jadi ikan tersebut bukanlah mangsa yang mudah ditangkap oleh arwana. Biasanya ikan arwana akan berenang cepat kadang melompat untuk menangkapnya, sehingga tidak menutup kemungkinan ikan arwana terbentur kaca akuarium dan berakibat sungutnya patah.

Jenis Umpan Yang Baik Untuk Ikan Arwana 2

Ikan Awarna

Selain kedua jenis ikan tadi, makanan yang tidak baik untuk arwana yaitu udang meskipun udang sangat disukai ikan arwana. Karena udang biasanya berada di dasar akuarium, jadi ikan arwana pandangannya selalu ke arwah bawah dan jika hal ini terlalu sering ikan arwana matanya ditakutkan akan mengalami juling. Anakan ikan mas juga bukan makanan yang baik untuk ikan arwana, karena dapat menjadi pembawa jamur white sopt, selain itu sisiknya yang lepas juga akan membuat air akuarium mengeluarkan bau yang tidak sedap. Terkadang timbul pertanyaan “ikan arwana kan sangat menyukai makanan hidup segar, kemudian apa akibatnya apabila diberikan ketika makanan tersebut sudah mati, apakah arwana bisa dikasih makanan berupa pelet?”. Apabila arwana dikasih makanan yang sudah mati, biasanya jika makanan tersebut tidak dimakan akan terapung di atas permukaan air, hal ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas dari air akuarium. Makanan segar yang mengapung di atas air biasanya lebih disukai oleh ikan arwana, diantaranya adalah kelabang, jangkrik, belalang, dan katak. Ikan arwana mampu menangkap serangga yang ada di atas air pada habitat aslinya.
Jenis Umpan Yang Baik Untuk Ikan Arwana 3

Ikan Arwana

Makanan yang diberikan berupa jenis makanan yang berada di permukaan air akan berdampak baik untuk kesehatan matanya supaya tidak mudah juling. Karena sifat alami ikan arwana lebih menyukai makanan yang berada di permukaan air dan makanan tersebut bergerak. Sedangkan makanan yang mati biasanya akan tenggelam ke dasar akuarium dan dapat mengotori air. Jika ikan arwana yang ada di akuarium diberi makanan berupa katak atau hewan lain yang sudah mati akan menimbulkan bau yang tidak enak di sekitar akuarium. Jika pakan tersebut disantap oleh arwana dalam keadaan mati dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit perut. Jenis makanan buatan seperti pelet tidak lazim diberikan untuk ikan arwana. Tapi makanan tersebut dapat diberikan karena sudah banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ikan arwana. Tapi jika pelet tidak dimakan oleh arwana dapat mengakibatkan air akuarium menjadi keruh. Sekian dulu artikel mengenaibeberapa jenis makanan arwana yang baik, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel mengenai Cara Agar Air Akuarium Tetap Bersih dan Kualitasnya Terjaga.

close
close