Cara Mudah Membedakan Pakan Ikan Yang Baik

0
27

Cara Mudah Membedakan Pakan Ikan Yang Baik − Salah satu yang menjadi perhatian pembudidaya ikanadalah aroma atau bau pakan, biasanya bau pakan yang kurang tajam tidak disukai pembudidaya. Arom pakanberasal dari bahan baku yang terkandung dalam pakankarena kesesuaian resep atau formula dari pakan tersebut.Sumber nabati seperti dedak, tepung kedelai, tepung gadum dan lainnya biasanya memiliki kandungan protein yang rendah. Unsur kandungan hewani yang rendah membuat aroma tidak amis. Tetapi jika pakan sudah berumur lama akan berbau apek.  Ikan nila, lele atau masdisarankan tidak diberikan pakan tersebut, tetapi diberikan untuk ikan.

Cara Mudah Membedakan Pakan Ikan Yang Baik3
Pestikan Pelet Ikan Berbau Amis
Kuncinya bau amis pada pakan ikan terutama berasal dari tepung ikan atau tepung cumi. Tepung tulang yang sering digunakan sebagai sumber protein pada pakan ikan tidak banyak berperan dalam menghasilkan bau amis pada pakan.Meskipun pakan berbau amis tetapi tidak selalu berhubungan langsung dengan nafsu makan ikan.Adakalanyaikan lebih tertarik pada bau pakan tertentu meskipun baunya tidak terlalu amis. Minyak ikan dan minyak cumi merupakan atraktan yang baik, tetapi bau yang dihasilkan tidak amis seperti tepung ikan. Tepung ikan yang sudah terfermentasi atau mengalami pembusukkan akan menghasilkan bau amis yang lebih tajam, tetapi mutu proteinnya mungkin sudah menurun sehingga kualitas pakan yang dihasilkan kurang baik.
Bau pakan yang khas akan meningkatkan nafsu ikan, artinya ikan akan terangsang dengan cepat untuk mengonsumsi pelet yang diberikan. Tetapi jumlah pakan yang dimakan oleh ikan bergantung dari nilai nutrisi yang terkandung di dalam pakan. Ikan bisa saja makan dengan cepat dan terlihat rakus, tetapi akan segera berhenti makan jika dirasa sudah “kenyang”.Sementara itu pertumbuhan ikan bergantung dari nilai gizi pakan yang dikonsumsinya dan tidak berhubungan dengan jumlah pakannya atau kecepatan dari ikan tersebut menghabiskan makanan. Meskipun ikan terlihat rakus dan makanan cepat habis tetapi belum tentu pertumbuhannya lebih baik.Meskipun demikian kita menyadari bahwa jika pakan yang diberikan dapat cepat dimakan oleh ikan maka pakantidak terbuang dengan percuma. Bahan yang mudah larut, seperti vitamin, tidak akan terbuang ke dalam air dengan sia-sia karena pakan cepat dimakan oleh ikannya. Jadi pakan akan lebih efisien dan air kolam tidak cepat rusak karena pakan yang terbuang.