Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan

0
56

Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan −  Mesin pengasapan ikan seringkali dibutuhkan untuk mengawetkan ikan secara tradisional.Hal ini berfungsi sangat besar.Fungsi utamanya adalah mengawetkan hasil panen ikan agar tidak cepat membusuk dan berkurang nilai jualnya.Kini telah dikembangkan berbagai macam teknologi sederhana untuk pengasapan ikan.seperti yang akan kita bagikan di bawah ini.Kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.Silahkan Sahabat SUKSESBISNISUSAHA simak.

Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan
Gambar Mesin Pengasap Ikan

Berikut ini langkah-langkah Pembuatan Alat Pengasap Ikan:
• Rumah asap dibuat dari kayu dan seng dengan ukuran panjang 120 cm, lebar 100 cm, tinggi 2 m, terdiri atas tiga bagian yaitu dapur, rak, dan penutup bagian atas (Gambar1).

Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan 2
Gambar Skema Mesin Pengasapan Ikan

• Dinding ruang dapur dibuat dari seng dengan bingkai kayu, tinggi dapur 75 cm.

• Tempat pengapian dibuat dari drum oli yang sudah dibelah. Drum diberi kaki dan rel untuk memudahkan menambah bahan bakar dan membersihkannya (Gambar 2)• Di antara tungku atau drum dengan rak diberi pembatas besi plat yang dilubangi dengan diameter 1 cm-1,5 cm untuk meratakan aliran panas atau asap ke dalam ruang pengasapan.

 

Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan2
Tungku Pengasapan Yang Terbuat Dari Drum Oli

• Rak terbuat dari bingkai kayu, beralaskan kerai bambu atau rotan dengan tinggi rak 15 cm.

Cara Membuat Mesin Pengasapan Ikan3
Rak Terbuat dari Rotan Atau Bambu

• Tutup rumah asap berbentuk atap rumah yang pada bagian puncak dibuat celah memanjang untu keluarnya asap. Atap tambahan diletakkan memanjang di atasnya untuk mencegah air hujan.