Home Usaha Kuliner Bisnis Kuliner Unik Terbaru Raja Bakso Tahu Saboga Asal Bandung

Bisnis Kuliner Unik Terbaru Raja Bakso Tahu Saboga Asal Bandung

Bisnis Kuliner Unik Terbaru Raja Bakso Tahu Saboga Asal Bandung — Siapa yang belum pernah mencoba kuliner yang satu ini. Semua orang pasti pernah mencicipi kuliner yang bernama Bakso ini. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat akan selalu membuat Bakso sebagai kuliner favorit sepanjang waktu. Bahkan karena saking banyaknya peminat bakso ini, akan sangat gampang menemukan penjual bakso ini disekitar kita. Meski bakso ini dikenal sebagai kuliner yang murah meriah, namun saat ini sudah banyak penjual bakso yang menjadikan kuliner yang terkenal dengan daging bulat ini sebagai menu yang berkelas dan berkualitas.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Salah satu produsen bakso yang memperkenalkan bakso dalam konsep menu berkelas tersebut adalah Baso Tahu Saboga. Bisnis kuliner asal Bandung yang telah memiliki banyak gerai ini kini sukses berkembang dengan pendapatan yang mencapai ratusan juta rupiah. Lalu seperti apakah kisah sukses bakso Saboga yang berawal dari sebuah kios sederhana ini? Berikut ulasannya.

Ulasan Bakso Saboga Generasi Kedua

Pengelola Baso Tahu Saboba saat ini adalah generasi kedua dari pendirinya. Pendiri bakso Saboga sendiri adalah pasangan suami-istri Benny Sunjaya dan Adeline Ita Purwita. Sekarang bakso yang berdiri sejak tahun 1986 ini dikelola oleh Melvina, Marcelle dan Michael yang merupakan anak-anak dari Benny dan Adeline.

Ketiga orang ini sendiri memiliki peran dan fungsi masing-masing dalam perusahaan. Marcelle brtanggung jawab dalam menangani produksi sedangkan Melvina menangani penjualan dan pemasaran, dan Michael mengurusi waralaba (franchise). Sebagai pendiri, Benny dan Adeline tidak lepas tangan, namun mereka masih aktif ikut membantu mengembangkan Saboga.

Ditangan generasi kedua, Baso Tahu Saboga semakin berkembang dan bertumbuh. Dengan membawa bendera PT Saboga Food Indonesia mereka terus melakukan ekspansi usaha dengan membuka beberapa gerai di beberapa mall di kota-kota besar di Indonesia.

Menggunakan Bumbu Khas Bakso Saboga

Baso Tahu Saboga yang terkenal sebagai raja bakso tahu Saboga ini memilki 30 menu kuliner lain seperti bakso sapi ikan, siomay, batagor, mi ayam, nasi goreng, dan berbagai minuman dingin. Menurut Michael Ryan Sunjaya, Bakso Saboga memiliki keunggulan pada olahan tanpa menggunakan bahan pengawet.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Selain bahan yang tanpa pengawet, Baso Tahu Saboga juga memiliki kelebihan pada bumbu khas yang sedap dan sudah ada sejak pertama kali gerai berdiri di Bandung hingga sekarang. Dengan keunggulan-keunggulan ini, bakso Saboga telah menjadi bakso yang unik dan berbeda dengan bakso-bakso lainnya.

Menjalin Kemitraan Dengan Bakso Saboga

Sejak bulan Juni 2008, Baso Tahu Saboga memang membuka kemitraan usaha. Sejak dibuka kemitraan, Bakso Saboga telah memiliki 23 gerai yang terdiri dari 7 gerai milik pusat dan 16 gerai milik mitra yang tersebar diberbagai kota yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Pekanbaru, Makassar, Cirebon.

Untuk bermitra, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp 550 juta untuk bergabung dalam kemitraan model full business format ini. Franchise fee ini terdiri dari Rp 200 juta selama lima tahun untuk desain, renovasi, peralatan usaha lengkap dan Rp 350 juta untuk bahan baku.

Selain hal-hal tersebut tadi, mitra juga masih akan difasilitasi dengan pelatihan karyawan selama dua bulan, fasilitas jaringan online untuk sistem operasional, SOP outlet, sistem penjualan dan stok barang serta kunjungan minimal sebulan sekali.Dan apabila masa kerjasama akan habis, mitra cukup membayar biaya perpanjangan sebesar Rp 200 juta.

Untuk melengkapi kerjasama, mitra dianjurkan memenuhi hal-hal seperti lokasi usaha yang berada pada kawasanfoodcourt, bahan baku yang harus diambil dari pusat, jumlah karyawan yang mencapai 8-10 orang serta biaya royalti sebesar 7% setiap bulannya.

Dengan harga jual per porsi berkisar Rp 27.000 hingga Rp 40.000 pihak pusat menargetkan mitra bisa menjual 100 porsi-300 porsi per hari. Jika demikian omzet yang mampu diperoleh mitra adalah sekitar Rp 90 juta−Rp 300 juta per bulan. Dengan laba bersih pada kisaran 30%−35% setiap bulannya, mitra akan mampu mengembalikan modalnya antara 12 bulan sampai 24 bulan, tergantung omzet yang didapat.

Meski sudah memiliki puluhan gerai dengan omzet yang besar, Baso Tahu Saboga masih saja terus berinovasi untuk membesarkan brand agar lebih dikenal lagi masyarakat. Pada akhir tahun 2015, manajemen Bakso Saboga bahkan mentarget bisa menambah 10 kemitraaan lagi. Untuk Anda yang berminat bermitra Anda bisa menghubungi kartor pusat Bakso Saboga di Jl. Batununggal Indah IV No.1-3 Bandung, Jawa Barat Telp. (022) 7513206.