Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik Daun

By on April 1, 2015
Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik Daun Reviewed by Usaha Sukses on . This Is Article About Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik Daun

Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik Daun − Melihat sampah tumpukan tulang ikan tentu akan merusak pemandangan. Namun, jangan khawatir Kini sampah tulang ikan bisa disulap menjadi kerajinan tulang ikan yang unik. Saat Anda berkunjung ke Bali, tentu Anda sering melihat aneka kerajinan tangan berjejer di toko-toko kerajinan. Salah satu produk kerajinan tangan yang […]

Rating: 4

Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik DaunMelihat sampah tumpukan tulang ikan tentu akan merusak pemandangan. Namun, jangan khawatir Kini sampah tulang ikan bisa disulap menjadi kerajinan tulang ikan yang unik.

Saat Anda berkunjung ke Bali, tentu Anda sering melihat aneka kerajinan tangan berjejer di toko-toko kerajinan. Salah satu produk kerajinan tangan yang saat ini sedang naik daun adalah kerajinan tangan berbahan dasar tulang ikan. Kerajinan hasil laut dari tulang ikan ini banyak dikembangkan oleh pengrajin Ubud, Bali.

Bisnis Usaha Kerajinan Tulang Ikan Sedang Naik Daun

Latar belakang pemikiran bisnis kerajinan hasil laut ini,dimulai saat para pengrajin mampir ke warung-warung kuliner seafood. Mereka melihat banyak tumpukan tulang ikan bekas santapan makan besar para pengunjung yang mengotori lingkungan setempat. Melihat peluang tersebut, para pengrajin menjadikannya sebagai sebuah ide bisnis dengan prospek cerah. Tulang-tulang ikan yang menjadi tumpukan sampah, mulai dikumpulkan oleh pemulung dan dijadikan bisnis rumahan. Tulang ikan ini dijadikan sebagai kerajinan hasil laut berupa kreasi cenderamata unik.
tto

Ragam kerajinan tangan dari bahan tulang ikan dapat dijumpai pada art shop di pasar Sukawati dan Ubud, seperti perhiasan gelang dan kalung atau miniatur. Namun, bila Anda amati benda-benda tersebut dengan teliti, bahan baku yang dipakai tidak hanya dari tulang ikan melainkan ada kombinasi dari bahan baku kayu, karet atau kain.

Gelang Tulang IkanMeski sangat terkenal di Bali, bisnis kerajinan hasil laut berbahan dasar tulang ikan juga diproduksi oleh seniman dari luar pulau Bali. Jika Anda memiliki kreativitas dalam membuat aneka kreasi, Anda pun bisa menjadikannya sebagai ide bisnis rumahan.
Target Pasar, Strategi Pemasaran, dan Kendala

Pangsa pasar tetap dari jenis kerajinan tangan ini adalah turis dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Bali pada musim – musim liburan sekolah, cuti bersama, dan menjelang tahun baru.

Cara pemasarannya dengan memamerkannya di art shop sekitar tempat wisata. Selain itu, Anda pun bisa melakukan pameran kerajinan benda-benda seni Bali yang rutin diikuti setiap tahun. Jika Anda bukan orang Bali, Anda pun tetap bisa memasarkannya secara online. Begitu pula dengan para pebisnis di Bali yang ingin menjangkau pasar lebih luas, gunakanlah promosi secara online.

Melihat prosfek cerah yang ditawarkan dari menekuni bisnis kerajinan tulang ikan, tepat untuk Anda pilih sebagai salah satu bisnis rumahan, baik di Bali maupun luar Bali. Kendala yang mungkin terjadi bila Anda tidak merencanakannya dengan baik adalah saat Anda kehabisan bahan baku dan ketika produk Anda tidak mengikuti trend pasar.

Kunci sukses bagi Anda dalam menekuni bisnis kerajinan tulang ikan adalah teruslah semangat dalam belajar menciptakan produk-produk yang bernilai seni tinggi. Dan tentunya jangan malu belajar dari para seniman senior.