Tend Baru Pixel Advertising Wajib Dibaca

0
21

Tend Baru Pixel Advertising Wajib Dibaca – Beberapa bulan yang lalu, seorang mahasiswa Inggris bernama Alex Tew meluncurkan website Millian Dollar Homepage untuk membantu biaya kuliahnya. Di website ini, pengunjung bisa melihat 1 juta pixel yang dijual seharga $1 per pixel-nya. Idenya yang unik ini ternyata menjadi tren baru. Desain pixel advertising yang berukuran mikro ini menjadi sesuatu yang menarik saat dikolase satu sama lain. Pengunjung dibuat penasaran saat menelusuri setiap pixel-nya.

contoh pixel advertising
contoh pixel advertising

Banyak website lain yang meniru ide Alex Tew ini. Semua memberikan jaminan yang serupa. Setiap orang yang tertarik cukup membayar minimal 10 x 10 pixel, yaitu 100 pixel yang identik dengan $100, dan banner seukuran pixel tersebut akan ditayangkan di website itu selama minimal 1 tahun. Sungguh biaya yang sangat murah dibandingkan biaya penempatan banner standar yang bisa mencapai ribuan dolar per bulan.

Beberapa peniru mencoba mengadaptasi konsep pixel advertising dengan strategi lain. Ada website Beer Homepage yang mengkhususkan penjualan pixel untuk produk bir. Ada pula Pixel Banner Ads yang berinovatif mengadaptasi sistem banner advertising menjadi pixel advertising. Jadi, saat pengunjung memasuki website tertentu, ia tidak mendapati banner berisi 1 iklan, tapi sebuah banner yang terdiri dari kumpulan iklan.

pixel advertising ads
pixel advertising ads

Ide inovatif (bahkan bisa dibilang gila) lainnya muncul saat Jason Gunther membutuhkan dana $500.000 untuk membangun sebuah bar. Di website Smash My Viper-nya, ia tidak sekedar menjual pixel, melainkan memberi penawaran bagi siapapun yang membeli paket pixel darinya, orang tersebut berhak merusak mobil Viper yang dimilikinya. Tentunya, semakin banyak paket pixel yang dibeli, orang tersebut berhak memberi kerusakan lebih parah pada badan mobil Viper tersebut.

Sepertinya, tren advertising ini akan terus berkembang, karena bisa menjadi alternatif murah dibanding model pay per click, banner advertising, atau bahkan mungkin Google AdSense.