Peran Tim Kreatif Commercial Ad

0
23

Peran Tim Kreatif Commercial Ad − Iklan adalah suatu sarana untuk memperkenalkan suatu produk agar dapat membantu menaikkan penjualan produk dengan maksimal, melalui media yang telah disediakan. Biasanya advertising agencymenggunakan media televisi untuk beriklan. Mengapa televisi menjadi media yang penting dalam beriklan? Karena televisi mempunyai penonton yang banyak, selain itu televisi juga lebih efektif untuk melakukan persuasi dengan penyampaian pesan yang unik dan kreatif.

Ilustrasi Tim Kreatif Iklan
Ilustrasi Tim Kreatif Iklan

Proses kreatif dalam iklan mencakup ide dasar, pengembangannya, dan eksekusi yang dapat mengemukakan strategi pasar dalam bentuk komunikasi yang efektif. Termasuk di dalamnya pembuatan storyboard dan storyline untuk penyampaian pesannya.
Penyampaian pesan kreatif yang terdapat dalam iklan, tidak akan lepas dari tim yang membuatnya. Tim kreatif suatu advertising agency mempunyai peran yang sangat penting. Bagaimana tidak, tim kreatif dituntut untuk dapat berinovasi dengan baik menggunakan arahan-arahan yang diberikan oleh klien, sehingga mampu diterima dengan mudah oleh khalayak umum. Selain itu, pokok dari keunggulan, kualitas, dan kegunaan produk juga harus dimunculkan sedemikian rupa agar kelemahan yang ada pada produk tidak terlihat.

Tim kreatif itu sendiri dibagi menjadi dua yaitu; art director dan copywriter. Tugas dari art director adalah “otak dari kreatif” semua ide-ide yang masih kasar dan tak terpikirkan dapat dijadikan sesuatu yang dituangkan dalam konsep visual yang tentunya sesuai dengan keinginan klien. Sesudah art director membuat ide-ide tersebut maka mereka melakukan research terlebih dahulu, kemudian membuat konsep kreatifnya, dan menjaga tampilan iklan menjadi sesuatu yang menarik.

Mengapa art director dipasangkan dengan copywriter? Dan apa tugas dari copywriter? Tugas dari copywriter adalah merangkai konten dari iklan yang sudah dirancang terlebih dahulu olehart director misalnya membuat rangkaian kata atau skenario untuk iklan yang sedang dibuat. Tugas kedua tim kreatif tersebut haruslah berjalan dengan berdampingan karena kerjasama antara ide visual dan pesan yang akan disampaikan haruslah sama dan sempurna di mata klien. Jika kerjasama ini mengendur khalayak tidak akan mendapat inti pesan dari iklan yang disampaikan.

Khalayak biasanya menangkap apa yang disajikan oleh iklan sekelebat saja, maka dari itu pesan iklan harus kuat dengan didukung oleh visualisasi yang menarik maka akan menimbulkan recall (terulang kembali) dalam pikiran khalayak. Dan dapat membantu terciptanya brand image untuk produk. Tim kreatif juga harus melihat keadaan khalayak yang sedang berkembang, melalui fenomena atau trend yang sedang beredar, dengan begitu iklan akan mudah masuk dan diterima kedalam lingkaran khalayak. Produk yang di iklankan pula harus dipelajari baik-baik oleh tim kreatif agar semua penjelasan yang diberikan klien dapat dicerna dengan baik dan bisa menghasilkan iklan yang diinginkan oleh klien.