Mobile Advertising Sebagai Tenaga Pemasaran Efektif

0
18

Mobile Advertising Sebagai Tenaga Pemasaran Efektif − Mobile advertising adalah layanan iklan yang menggunakan media mobile phone (handphone). Saat ini, mobile advertisingmarak dimanfaatkan oleh para agensi maupun tenaga pemasar sebagai salah satu channel pemasaran. Seperti apa tren bisnisnya?Saat ini, teknologi seluler tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi biasa, tetapi lebih sebagai alat pertukaran informasi yang bersifat massal, yaitu dari satu komunikator (sender) dengan satu atau banyak komunikan (receiver). Begitu juga sebaliknya, tanpa ada batasan geografis dan waktu kirim yang relatif yang lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya (real time).

Mobile Advertising Sebagai Tenaga Pemasaran Efektif
ads mobile

Seiring dengan semakin majunya teknologi serta tingginya intensitas penggunaan mobile device, khususnya telepon seluler (ponsel) sebagai sarana komunikasi yang utama oleh masyarakat Indonesia, ponsel kian dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang efektif.Mobile advertising akhir-akhir ini marak dimanfaatkan oleh para agensi maupun marketer sebagai salah satu channel pemasaran. Lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu alasan Telkomsel Mobile Advertising menjadi strategi yang efektif untuk menjaring target pasar di Indonesia.

Peluang market yang cukup besar inilah yang membuka kesempatan diluncurkannya beberapa layanan yang digabung dalam satu layanan mobile advertising, yang terdiri dari SMS Broadcast, SMS Profiling, SMS LBA (Location Based Advertising), dan Pop Screen/MMS.Tingginya jumlah penetrasi perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet menjadi pasar empuk bagi binis iklan bergerak (mobile advertising). Penetrasi kartu SIM yang telah melebihi jumlah penduduk sebanyak 240 juta lebih menjadikan binis iklan bergerak cukup menjanjikan.Ketua Asosiasi Biro Periklanan Indonesia, Harris Thajeb, menjelaskan potensi bisnis iklan bergerak didorong populasi anak muda di Indonesia. Generasi muda dipandang sebagai kelompok yang mampu mengadopsi teknologi dengan cepat. Iklan bergerak berupamobile web design, QR code marketing, mobile survey, SMS marketing, dan mobile video berjalan pada perangkat bergerak yeng lebih canggih seperti smartphone ataupun tablet.

Mobile Advertising Sebagai Tenaga Pemasaran Efektif2
www.suksesbisnisusaha.com

“Rata-rata anak muda sekarang sudah memiliki smartphone. Apalagi harganya sekarang makin terjangkau mereka,” ujar dia beberapa waktu lalu. Iklan bergerak seperti Location Based Advertising atau LBA berbeasis SMS dan MMS selama ini menjadi favorit pengiklan untuk berpromosi. Pasalnya, iklan dikirim ketika pengguna perangkat mobile berada tak jauh dari produk dan jasa yang diiklannya, misalnya ketika seorang berkunjung ke sebuah mal.

Bentuk lain dari iklan bergerak adalah dengan promosi melalui aplikasi Radio Streaming. Beberapa radio seperti radiao Prambors, Radio Delta, Radio Female, Cosmopolitan FM, Hard Rock FM, GenFM, JakFM, Urban FM telah memanfaatkn audio, video serta gambar sebagai medium utama dalam berpromosi belakangan ini.

Group Head Digital Business & Commercial Development Indosat, Tauseef Riaz, menuturkan potensi bisnis iklan digital di Indonesia cukup tinggi. Belanja iklan tahun di Indonesia tahun ini diperkirakan mencapai 12 miliar dolar AS. “Beriklan dengan iklan bergerak kata dia sangat tepat. Iklan bergerak memiliki keunggulan dibandingkan dengan iklan pada umumnya, misalnya efektif dan efisien, biaya terjangkau, pesan langsung diterima dan menjangkau target yang benar,” ujar Tauseef.

GM Mobile Advertising Digital Services, Herwinto Chandra Sutantyo, mengatakan tahun ini XL menyatakan akan memacu bisnis digital termasuk dengan menggenjot bisnis dari iklan bergerak. XL kini sedang mengembangkan layanan iklan bergerak ke meliputi regional Sumatra dan kepulauan, Jabdetabek dan Banten, Jabar-Banten-Yogyakarta, Jatim – Bali dan Nusa Tenggara, serta Kalimantan – Sulawesi – dan kawasan Timur Indonesia.

XL menarawkan produk M-Ads CL dengan harga paket yang diklaim sangat terjangkau, yaitu mulai dari 500 ribu rupiah, 1,5 juta rupiah hingga 3 juta rupiah. Bisa sedemikian murah karena XL kerjasama dengan beberapa bank untuk memberikan kemudahan pinjaman kepada para pelaku UKM yang melakukan promosi dengan M- Ads.Semoga menginspirasi…

 

Promosi Efektif

Dalam menyuguhkan layanan mobile advertising ini, XL berperan seperti agregator. Ini berarti promosi yang dilakukan tidak hanya terbatas pada pelanggan XL, tetapi juga pada pelanggan operator lainnya sehingga lebih efektif.

Tampaknya XL kecanduan dengan bisnis yang dinilai cukup memberi keuntungan ini. Tahun 2013, misalnya, menguasai pasar iklan bergerak sebesar 25 persen dengan nilai mencapai sekitar 2,375 juta dollar AS dari total belanja iklan bergerak yang mencapai 9,5 juta dollar AS. Angka tadi disumbang dari 500 perusahaan sekala besar, menengah, dan kecil yang telah menggunakan layanan M-Ads XL. Tahun ini diharapkan pengguna layanan ini dapat mencapai 1.500, yang berasal dari sektor industri kreatif.

Dari hitung-hitungan XL, iklan bergerak dari jenis LBA menyumbang 12,5 persen pendapatan XL dari iklandigital. “LBA diminati karena lebih efektif dan tepat sasaran dibandingkan dengan model iklan lainnya,” ujar Herwinto di Jakarta, pekan lalu. Kini, XL akan lebih fokus pada usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menjadi pelanggan layanan LBA dengan membuat tim untuk menawarkan produk andalam berupa LBA kepada mereka yang tersebar di 6 regional.

Sebelumnya, pasar terbesar XL untuk produk LBA adalah Bali dan Surabaya, disusul dengan wilayah Makassar dan Jakarta dan Jawa Barat. “Tahun ini diharapkan tingkat adopsi semakin meningkat sehingga pada 2015 sudah terjadi usage stimulation atau tinggal menggenjot frekuensi penggunaan saja,” ujar Chief of Digital Services XL, Dian Siswarini.

Dengan adanya penambahan kontribusi dari iklan bergerak, maka tahun ini dari digital service diharapkan kontribusinya meningkat menjadi 850 miliar rupiah. Selama ini, bisnis digital services yang digarap XL meliputi digital entertainment, mobile finance, mobile advertising, Machine to machine (M2M), Cloud Computing, serta mobile commerce termasuk iklan bergerak (mobile advertising).

Indosat juga sejak September tahun lalu sudah terjun ke bisnis ikan bergerak. Produk I-Klan dirancang dengan biaya terjangkau untuk pasar UKM. Produk yang ditawarkan berupa LBA dengan tarif sebesar 500 rupiah untuk 20.000 SMS ke pelanggan Indosat yang berbeda. Iklan yang dikirim diklaim tepat sasaran karena Indosat telah memiliki data base pelanggan berdasarkan pada usia, jenis, belanja pulsa per bulan, lokasi serta jenis perangkat dan sistem operasi yang digunakan.

Manager Mobile Advertising Indosat, Wilda Hurriyati, mengatakan I-Klan memiliki kelebihan dibandingkan pesaing. Pengiklan mendapatkan konsultasi soal ide dan kalimat yang tepat agar mudah diterima ke pelanggan dengan proses pre campaign, campaign dan post campaign.

Setelah iklan dikirimkan, akan dilakukan evaluasi terhadap iklan yang dikirim apakah telah mendapat tanggapan yang ditandai dengan angka penjualan dan pembelian yang meningkat atau hanya biasa saja.

Pada enam bulan pertama 2014 ini, I-Klan masih akan melakukan edukasi sebelum fokus pada pendapatan. “Kami masih akan fokus pada edukasi agar pelanggan memahami keberadaan produk I-Klan yang memiliki keuntungan bagi pelanggan penerima. Untuk pendapatan jawabannya setelah enam bulan,” ujar Wilda, beberapa waktu lalu.