Fungsi Desain Grafis Dalam Bisnis Industri Kreatif

0
43

Fungsi Desain Grafis Dalam Bisnis Industri Kreatif − Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Hasil Olah Digital Para Graphic Designer
Hasil Olah Digital Para Graphic Designer

Grafik adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Desain Grafik adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan.

Selain itu Desain Grafis adalah salah satu bidang keilmuan yang bermanfaat bagi banyak orang. Selain ‘menyenangkan’ pekerjaan di bidang Desain Grafis sangat bernilai ekonomi karena dalam bisnis aplikasinya dapat menghasilkan banyak keuntungan. Sebut saja bidang percetakan (desain dan produksi kartu nama, brosur, poster, buku, majalah, tabloid, merchandising, dan lain-lain), bidang advertising (Iklan cetak, iklan televisi, dan sebagainya), bidang multimedia (Web design, media interaktif, animasi, dan lain-lain), bidang fashion (Clothing/apparel, tas, sepatu, aksesoris, dll) adalah sebagian dari bentuk aplikasi desain grafis dalam dunia bisnis.

Dalam dunia bisnis bidang ini dikenal sebagai bagian dari bidang Industri Kreatif, dimana bidang ini adalah salah satu bidang yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi dan potensinya terus berkembang mengikuti perkembangan kreatifitas dan peradaban manusia (budaya dan teknologi).