Tips Usaha Modal Dari Investor

0
28
Tips Usaha Modal Dari Investor
Tips Usaha Modal Dari Investor

Tips Usaha Modal Dari Investor – Semua bisnis memerlukan biaya agar semuanya dapat berjalan dengan semestinya dan sesuai keinginan. Ketika modal sudah sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah usaha maka uang bisa didapatkan melalui pinjaman maupun simpanan pribadi. Selain dua cara tersebut ada satu alternatif lagi yang memungkinkan.

Tips Usaha Modal Dari Investor
Tips Usaha Modal Dari Investor

Investor menjadi solusi lain untuk membiayai usaha yang akan berjalan atau pengembangan. Modal yang didapatkan dari dari orang lain dengan cara kerjasama dalam bentuk investasi memerlukan kepiawaian tersendiri. Memang tidak mudah mengajak orang lain terutama yang belum dikenal untuk menaruh uangnya pada bisnis yang anda jalani karena kepercayaan menjadi faktor utama.

Walaupun usaha anda bagus, para calon investor tetap akan melakukan beberapa kajian. Mereka akan menganalisa keuntungan yang bisa mereka dapatkan berdasarkan konsep bagi hasil yang ditawarkan. Selain itu semakin besar modal yang akan di investasikan sering menjadi pertimbangan dalam negosiasi kerjasama.

Kali ini suksesbisnis.com memberikan beberapa tips agar anda bisa memiliki peluang besar dalam meyakinkan serta mendapatkan investor potensial. Walaupun terkesan sederhana dan umum dilakukan oleh orang-orang namun jika diabaikan maka peluang mendapatkan modal usaha akan terlewati.

Cari Investor Potensial
Semua orang bisa menjadi investor bagi bisnis anda, tetapi sedikit yang mau berspekulasi dengan nominal yang dibutuhkan. Kesulitan mencari orang yang mau menginvestasikan uangnya bisa diminimalisir dengan membuat proposal kerjasama bisnis secara online. Sekarang sudah banyak wirausahawan ukm yang menawarkan kerjasama investasi di beberapa forum/komunitas di internet. Bahkan diluar sana banyak juga para investor yang mencari bisnis potensial yang membutuhkan modal baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Buat Bahan Presentasi
Setelah anda mendapatkan kandidat investor maka langkah selanjutkan adalah melakukan paparan secara detail secara interaktif. Inti dari pemaparan tentang usaha anda adalah konsep bisnis dan keuangan dengan baik serta menguntungkan kedua belah pihak.

Presentasi yang baik tidak membutuhkan komunikasi yang berbelit-belit. Rencana bisnis saat ini dan jangka panjang mengenai peningkatan kualitas produk & penjualan, serta strategi dalam menghadapi para pesaing harus dijelaskan secara menarik. Keuntungan finansial juga menjadi topik penting sehingga perlu perhitungan yang matang.

Anda harus mengumpulkan semua bahan tersebut sebagai dasar untuk membuat suatu pemaparan dalam bentuk tertulis dan lisan kepada calon investor. Persiapkan berbagai materi alternatif untuk mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan dari mereka agar anda bisa menjawab semua itu secara cerdas dan bijaksana.

Tentukan Lokasi Pertemuan
Setiap calon investor memiliki karakterisitk tersendiri sehingga tempat yang representatif perlu anda pikirkan. Kenyamanan selama melakukan pemaparan akan mempengaruhi penilaian calon investor tentang diri anda. Selain itu anda bisa nyaman tanpa gangguan-gangguan yang tidak penting selama melakukan presentasi bisnis.

Hal sederhana tetapi memiliki efek luar biasa adalah sajian makanan dan minuman. Layaknya tamu jika tidak diberikan pelayanan yang maksimal maka pemikiran calon investor akan menjadi beda. Itu menjadi hal yang negatif dan mempengaruhi keberhasilan mendapatkan investasi untuk bisnis anda. Berikan sajian yang menarik dan enak agar calon investor secara psikologis menimbulkan apresiasi positif.

Lakukan Pemaparan Secara Menarik
Sesi yang paling mendebarkan adalah ketika waktu pemaparan. Perlu dipahami bahwa tidak semua orang memiliki keahlian dalam berkomunikasi yang baik. Tindakan yang terlalu agresif dan berputar-putar dalam menjelaskan mengenai konsep bisnis akan membuat calon investor merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu jika anda termasuk orang yang kurang memiliki kemampuan bernegosiasi, sebaiknya gunakan orang lain sebagai pembicara. Anda cukup memberikan tambahan pemaparan seperlunya agar tidak mengacaukan suasana.

Namun jika anda sendiri yang akan melakukan presentasi sebaiknya pahami beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam mendapatkan investor. Bicara secara jelas dan singkat tapi padat materi. Intonasi suara, gerakan tubuh, dan ekspresi wajah menjadi daya tarik tersendiri ketika melakukan pembicaraan dengan orang lain. Jangan terlalu tegang serta tetap fokus pada bahan yang akan anda utarakan.

Ketika anda memahami dan bisa melakukannya secara baik dan kreatif maka secara psikologis calon investor akan merasa tertarik. Gaya penyampaian dalam melakukan presentasi akan menjadi pengaruh tambahan bagi mereka ketika dalam mengambil keputusan. Kesimpulannya adalah presentasi adalah bagian penting yang menentukan bagi masa depan bisnis anda.

Komunikasi Secara Intensif
Setelah pemaparan konsep kerjasama bisnis dengan calon investor biasanya keputusan jarang diambil pada saat itu juga. Mereka akan membutuhkan waktu untuk menganalisa, dan mempertimbangkan proposal yang anda tawarkan. Pada rentang waktu itu sebaiknya lakukan komunikasi secara terus menerus untuk mengetahui berbagai pemikiran calon investor.

Seperti umumnya orang dagang ada banyak kiat untuk membujuk mereka agar bisa memberikan keputusan sesuai yang anda inginkan. Orang-orang yang sudah lama terjun di dunia bisnis pasti sudah tidak asing dengan strategi meng-entertaint orang. Untuk soal itu anda sebaiknya mencari strateginya dengan bertanya kepada orang memang sudah paham.