Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan

By on December 11, 2014
Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan Reviewed by Info Usaha on . This Is Article About Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan

Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan – Apa aja sih yang harus disiapkan dalam memulai usaha laundry rumahan: 1. Mesin Cuci Ada temen yang sudah nyobain bikin usaha sejenis duluan. Dia menyarankan untuk memakai merek Elktrolux untuk mesin cucinya. Terus kasih referensi orang yang jual merek itu second. Setelah aq hubungi ternyata harganya sekitar 2 jt an. […]

Rating: 5

Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan – Apa aja sih yang harus disiapkan dalam memulai usaha laundry rumahan:

1. Mesin Cuci
Ada temen yang sudah nyobain bikin usaha sejenis duluan. Dia menyarankan untuk memakai merek Elktrolux untuk mesin cucinya. Terus kasih referensi orang yang jual merek itu second. Setelah aq hubungi ternyata harganya sekitar 2 jt an. Ada garansinya sih…tapi daripada beli second  mending beli baru.
Ada banyak banget pilihan mesin cuci.Mulai dari yang mahal mpe yang paling murah. Akhirnya aku pilih Samsung kapasitas 7kg harga 3,3 jt.

2. Mesin Pengering atau Dryer
Untuk Dryer smua watt nya besar rata-rata 2000 Watt, walau pun listrik di tempat usaha 4,000 Watt tapi aku putuskan untuk awal g perlu pakai Dryer hemat listrik.

3. Setrika
Aq pilih Philips Rp 200.000,-

4. Hanger, Jemuran, Ember
Aq pakai semua yang sudah ada dirumah saja.

5. Plastik Pembungkus
Beli di toko plastik.

6. Nota
Bikin sendiri ukuran 1/8 HVS isinya Tgl Masuk, Tgl Jadi, Harga, Nama, Jumlah, Berat trus difotocopy sebanyak mungkin.

7. Sabun Cuci dan Pewangi
Awalnya aku pakai merek yang sudah terkenal seperti Molto dan Rinso, tapi kok boros ya…Akhirnya untuk sabun tetap pakai Rinso, tapi pewangi pakai parfum khusus untuk laundry. Biasanya ketika usaha Laundry kita dah mulai jalan pasti ada sales parfum laundry yang otomatis menawarkan parfum ke kita. Lebih murah dan lebih wangi.

8. Rak Display
Pinginya sih pesen rak khusus dengan warna-warna okey dan desain unik. Tapi buat apa buang-buang duit mpe jutaan or ratusan ribu cuman buat rak. walhasil memanfaatkan Rak murah meriah bekas rak buku jaman  kuliah dulu. So untuk rak buku bisa dianggap Nol Rupiah.

9. Neon Box
Jangan lupa untuk menarik, bikin tanda-tanda kalau kita buka Laundry. Bisa pakai Spanduk MMT, X Banner ataupun neon box. Untuk Neon Box ukuran 1 m x 0.6 m seharga Rp 800.000,- an. Untuk X-Banner aq pakai bekas usaha konter ponselku dulu namanya Dee-Cell, tulisan Cell aq tutupin stiker ganti jadi Laundry. Nutup stiker cuman Rp 15.000,- doang. Lumayan ngirit.

10. Tempat
Jangan lupa tempat itu yang paling penting. Kalau bisa usaha memang di tempat strategis, tapi kalau harus nyewa tunguuu duluuu. Hitung-hitung dulu untung ruginya nyewa. Coz nyewa tempat itukan nantinya jadi fixed cost, biaya tetap yang harus dikeluarkan terus menerus yang otomatis mengurangi keuntungan kita. Kalau dirumah ada tempat yang bisa dipakai kenapa tidak? Aq putuskan untuk pakai garasi mobil sebagai tempat Laundry. Kalau sudah jam 22.00 Laundry tutup baru mobil masuk.

11. Pegawai
Kalau g bisa dikerjakan sendiri ya bayar orang untuk mengerjakan. Diantara semauanya pegawai adalah faktor utama dan penentu. Paling susah juga, menemukan pegawai yang loyal, jujur, rajin, mau dibayar rendah. Pembayaran pegawai base on volume laundry. Per kg laundry Rp 3.000,- dikalikan jumlah kg dalam satu bulan diambil 40 persenya.