Home Tips Usaha Peluang Usaha Di Kawasan Wisata Pantai

Peluang Usaha Di Kawasan Wisata Pantai

Peluang Usaha Di Kawasan Wisata Pantai — Indonesia merupakan negara yang memiliki kawasan pesisir sangat luas dan terpanjang kedua di dunia dengan 99.093 kilometer. Dengan banyaknya keberadaan pantai di Indonesia beserta keindahannya yang memukau para wisatawan, tentu membuat potensi bisnis di kawasan ini semakin besar.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Selain menempati wilayah yang sangat luas, kawasan pesisir yang terdiri dari berbagai ekosistem pendukung seperti ekosistem hutan
mangrove, terumbu karang, padang lamun dan lahan basah tersebut memiliki keanekaragaman hayati dan berbagai sumberdaya alam seperti ikan, dan bahan-bahan tambang yang bernilai tinggi.

Ide bisnis memang bisa  muncul dan diterapkan di mana saja, termasuk di daerah pantai. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis di sekitar pantai tentu Anda harus mulai memikirkan jenis usaha yang akan dijalankan dilokasi batas laut dan daratan ini.

Lalu ide usaha dan jenis bisnis apa saja yang bisa diterapkan dan dijalankan di sekitar pantai ini? Berikut ulasannya 6 ide bisnis di kawasan pantai yang bisa Anda jalankan.

1. Sewa Kamar Mandi Umum

Jenis bisnis pertama di sekitar pantai yang bisa Anda jalankan adalah sewa kamar mandi umum.  Setelah selesai berenang dan beraktivitas di pantai, pengunjung tentu ingin bersih-bersih diri. Untuk keperluan tersebut, mereka akan mencari kamar mandi umum yang akan menyegarkan dan membersihkan badan mereka dari air laut dan pasir pantai.

Kamar mandi umum juga merupakan solusi untuk mereka yang membutuhkan tempat privasi untuk melakukan ganti pakaian dan membersihkan diri. Banyaknya aktivitas yang diperlukan para pengunjung inilah maka usaha kamar mandi umum bisa menjadi ladang bisnis menggiurkan untuk dijalankan di sekitar pantai.

Untuk menjadikan bisnis sewa kamar mandi Anda lebih sukses, maka Anda harus memperhatikan tingkat kebersihannya. Kebersihan tempat akan menciptakan rasa nyaman bagi para pengunjung yang datang.

2. Menjual Cinderamata

Setiap tempat wisata pada umumnya memiliki sebuah keunikan dan kekhasan yang kemudian dibuat menjadi cinderamata. Pantai yang juga memiliki keunikan dan kekhasan juga memiliki peluang usaha potensial untuk dijadikan bisnis cinderamata.

Kebiasaan orang Indonesia yang selalu membawa oleh-oleh setiap bepergian, tentu menjadi alasan mengapa bisnis cinderamata pantai ini menjadi sangat potensial. Beberapa cinderamata pantai yang bisa dijual antara lain kaus khas pantai, topi pantai, gambar pantai, beragam asesoris seperti gelang dan kalung dari cangkang kerang, atau suvenir botol dan gelas khas pantai serta cinderamata kreatif lainnya.

3. Sewa Papan Selancar

Indonesia yang memiliki banyak pantai dengan gelombang ombak yang besar menjadi sebuah peluang besar bagi bisnis sewa papan selancar. Tentunya akan banyak wisatawan yang akan membutuhkan papan selancar, karena meski telah memiliki papan selancar sendiri, namun dengan besarnya ukuran papan selancar dan sulitnya dalam hal membawanya, maka mereka akan lebih enjoy jika langsung menyewanya di lokasi.

Peluang bisnis ini akan semakin luas jika Anda memiliki keahlian dalam bermain selancar. Dengan kemampuan dan keahlian tersebut Anda bisa menambah penghasilan dengan menjadi pelatih selancar.

4. Sewa Peralatan Snorkeling dan Diving

Selain pantai dengan ombak yang tinggi yang sangat digemari oleh para peselancar, Indonesia juga memiliki pantai-pantai yang tenang dan bersih dengan keindahan panorama bawah lautnya. Pantai-pantai seperti ini tentu saja akan membuka peluang yang menguntungkan untuk bisnis sewa peralatan snorkeling dan diving.

Snorkeling atau kegiatan menyelam di permukaan air dan diving atau kegiatan menyelam di bawah permukaan air ini pastinya akan membutuhkan beberapa peralatan seperti snorkel, masker selam, kaki katak, baju selam dan tabung oksigen dan lain sebagainya. Nah dari sinilah, Anda bisa menyewakan beberapa peralatan snorkeling dan diving tersebut.

5. Sewa Ban Renang

Ide bisnis selanjutnya yang bisa Anda jalankan di sekitar pantai yaitu sewa ban renang. Banyaknya pengunjung yang ingin menikmati air laut dengan berenang namun tidak bisa berenang akan membuat mereka mencari alat untuk membatunya agar bisa berenang.

Dan ban renang renang merupakan alat yang cocok untuk membuat mereka terbantu untuk bisa berenang. Dari sini tentu peluang besar muncul untuk menjadikan ban renang sebagai bisnis persewaan.

6. Bisnis Kuliner Pantai

Ide bisnis di kawasan pantai yang terakhir adalah bisnis kuliner khas pantai. Setelah cukup lama beraktivitas di pantai, perut akan menjadi lapar dan tenggorokan jadi haus. Untuk mengatasi lapar dan haus itu maka para pengunjung akan membutuhkan asupan makanan dan minuman.

Dari sinilah peluang menguntungkan muncul untuk membuka bisnis kuliner. Akan lebih baik jika kuliner yang Anda sajikan adalah kuliner khas pantai seperti olahan ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, es kelapa dan lainnya. Hal ini dikarenakan para pengunjung yang akan datang ke pantai akan lebih cenderung untuk ingin menikmati sajian kuliner khas pantai daripada kuliner yang lain.