Home Tips Usaha Macam Macam Tips Usaha Rumahan

Macam Macam Tips Usaha Rumahan

Macam Macam Tips Usaha Rumahan – Ada banyak sekali bisnis Rumahan yang sudah dilakoni oleh masyarakat, dalam area kita sendiri. Bagi anda yang sudah melakukan, maka silahkan lebih ditingkatkan karena nilai  kesuksesannya tergantung pada anda sendiri bagaimana menjalankannya. Untuk anda yang belum menjalani : bagamana, apakah anda belum tertarik sampai saat ini ? (jawabanya ada pada diri anda sendiri)

Bagi seorang pemula bisnis, tentu tidaklah mudah menjalani usaha baru. Apalagi dengan modal pas-pasan, pasti akan merasa kebingungan dalam memilah-milah usaha.Bagaimana caranya ya ?
Macam Macam Tips Usaha Rumahan

Macam Macam Tips Usaha Rumahan

Berikut ada beberapa contoh bisnis rumahan dengan modal kecil yang mungkin bisa menjadi acuan anda sebagai bahan pertimbangan, bagi anda yang sedang memulai bisnis :
1. Menjadi Blogger
Blog adalah sebuah media informasi berbasis internet yang sangat mumpuni untuk dikembangkan pada era baru ini. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, sangat dimungkinkan bila bisnis ini akan sangat berpotensi besar dimasa mendatang. Dengan modal yang sangat kecil tentu ini bisa dilakukan oleh siapapun.
2. Membuat Souvenir dari barang bekas
Jika kita sedikit jeli, sebenarnya banyak sekali hal baru yang bisa di kreasikan dari barang atau benda disekitar kita, seperti kain perca, kardus atau kertas bekas, serbuk gergaji dan masih banyak lagi. Bahkan benda atau barang yang tadinya sudah tidak bermanfaat sekali pun ternyata bisa di jadikan sesuatu yang bernilai. Dan di sinilah tugas anda untuk menggali seberapa besar peluang usaha dari pemanfaatan barang atau benda-benda tadi. Dan silah kan bagi anda yang tertarik
3. Membuat Kue-kue kecil (bisa berlanjut menjadi Catering)
Makanan adalah salah satu jenis usaha yang tak pernah mati. Dengan modal tidak terlalu besar dalam mengawalinya mungkin jenis ini bisa diperhitungkan. Pemasarannya pun jelas, bisa dengan buka toko sendiri (bila dana memadai), penitipan ke warung,dll.
4. Counter Pulsa
Hampir semua orang memiliki handphone saat ini, karena itu membuka usaha konter pulsa adalah suatu hal yang tepat. Anda tak perlu menyewa ruko untuk membuka jenis usaha ini. Memanfaatkan halaman rumah pun bisa Anda lakukan. Yang dibutuhkan hanya steling untuk meletakkan voucher pulsa non elektrik dan menampilkan kartu perdana yang baru. Selain itu, Anda menyiapkan buku untuk mencatat nomor-nomor telepon yang ingin diisikan pulsanya.
Sungguh, macam usaha seperti ini sangat murah sekali biayanya. Dikatakan murah, karena Anda tak membutuhkan modal untuk menyewa ruko. Memanfaatkan rumah sendiri adalah modal utamanya. Jika Anda ingin membuka gerai konter pulsa yang lebih besar, Anda bisa memanfaatkan bagian paling depan rumah Anda, jika modelnya seperti ruko. Baik Anda renovasi atau tidak, yang pasti Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual pulsa dan handphone-handphone baru. Atau bahkan, Anda juga bisa membuka jasa service dan perbaikan handphone.
Perkiraan biaya, jika hanya membuka konter pulsa, maka dana yang dibutuhkan sekitar 2 jutaan saja untuk membeli steling kecil. Jika membuka usaha konter pulsa plus penjualan handphonenya, maka perkiraan modal sekitar 3-4 jutaan. Jenis usaha seperti ini tak akan menghabiskan modal banyak dan boleh dikatakan tak akan pernah padam. Karena semua orang membutuhkan pulsa. Selama handphone masih menjadi alat komunikasi utama, usaha seperti ini akan terus berkembang dan maju.
5. Menjual Alat Tulis Kantor
Jika rumah Anda berada dekat sekolah, kampus atau perkantoran, maka usaha yang cocok dibuka adalah menjual alat tulis kantor. Alat tulis kantor yang dimaksud adalah pulpen, pensil, buku tulis, dan segala hal yang dibutuhkan kantor maupun sekolah. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Cukup memiliki steling dan alat-alat yang ingin didagangkan.
Jika memiliki modal lebih besar sedikit, Anda juga bisa membeli mesin foto copy. Sekiranya modal Anda tidak mencukupi untuk membeli mesin fotokopi yang baru, Anda bisa membeli yang setengah pakai (second) atau bisa juga dengan menyewa mesin foto copy. Atau bahkan, Anda bisa membeli mesin foto copy secara kredit.
Karena keberadaan mesin fotokopi dengan alat tulis kantor sangat berhubungan . Dengan adanya mesin fotokopi, banyak orang yang bisa belanja bersamaan. Sambil memoto copy, ia juga bisa membeli alat tulis yang dibutuhkannya.
Jika usaha ini Anda buka di rumah sendiri, maka Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya sewa toko. Yang Anda pikirkan adalah biaya peralatan alat tulis kantor dan mesin foto copy.
Perkiraan modal yang dibutuhkan sekitar 3 jutaan, tanpa mesin foto copy. Jika Anda membeli mesin foto copy sekaligus dengan alat-alat tulis kantor maka modal yang Anda butuhkan sekitar 10 juta. Karena harga mesin foto copy standardnya berkisar 7-8 jutaan.
6.  LAUNDRY
Usaha laundry ini jika anda garap dengan serius, bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan. Jadi disini anda harus bisa memp[erhitungkan kebutuhan pelanggan. Dengan memberikan harga yang murah, pelayanan yang cepat dan bersih adalah kiat untuk mencari pelanggan. Kalau perlu lakukan survei ke beberapa tampat usaha cuci rumahan atau meminta brosur agar tahu harga pasarannya. Jika anda berniat untuk memperlua usaha, anda juga bisa mulai menerapkan sistem sewa, termasuk mencuci, mengeringkan, dan setrika. Tujuannya agar pelanggan merasa berada di rumah sendiri dan bisa mengontrol hasil cuciannya masing-masing. Disini anda bisa mematok harga sewa sebesar Rp.5000 per jam, luar detergen dan pengharum pakaian yang bisa mereka bawa sendiri, arau pun membeli di tempat anda.
Meskipun usaha ini mudah di lakukan, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.
Lokasi
Untuk memulai usaha ini pemilihan lokasi tidak begitu penting dan anda bisa melakukannya di rumah sehi ngga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Yang penting anda harus gencar berpromosi sehingga orang akan tahu di mana kita membuka usaha tersebut.
Pelanggan
Pengguna jasa dari usaha ini tidak ha nya datang dari kalangan menengah ke atas. Justru kebanyakan dari lingkungan mahasiswa, perumahan, atau pun tempat kos karyawan kantoran. Mungkin sebagai tahap awal, anda bisa mencari pesanan dari teman dekat atau lingkungan sekitar. Agar efektif sebarkan brosur berisi daftar harga cucian ke lingkungan sekitar. Untuk menjaring pelanggan dalam jumlah besar, anda bisa melakukan pendekatan ke hotel atau losmen terdekat. Jika mereka merasa puas, tentu anda juga yang memeti hasilnya.
Tenaga Kerja
Agar usaha anda ini berjalan maksimal, ada baiknya jika anda merekrut satu atau dua karyawan. Hal ini tergantung dari perkembangan usaha anda nantinya. Jika perlu anda bisa memberlakukan sistim kerja bergiliran, misalnya pagi dan siang. Anda bisa menggaji mereka dengan sistem bagi hasil, misalnya gaji bulanan di berikan sekitar Rp. 500 ribu kemudian anda memberikan bonus dari seberapa banyak cucian yang di tanganinya.
Modal Usaha
Untuk mendirikan usaha laundry kecil-kecilan seperti ini modal yang di butuhkan tidak banyak. Di sini anda hanya butuh investasi sekitar Rp. 1,5 juta s/d Rp. 4 juta. Modal itu nantinya untuk membeli mesi cuci dan mesin pengering pakaian yang jumlahnya tergantung dari besarnya usaha. Usaha ini juga membutuhkan alat setrika listrik. Ada pun harga setrika itu sekitar Rp. 200 ribu s/d Rp. 400 ribu per buah. Peralatan penunjang lainnya adalah rak untuk penempatan pakaian yang sudah siap dikirim ke pelanggan. Untuk harga rak di taksir sekitar Rp. 500 ribu s/d Rp. 1 juta.
Perlu juga di perhitungkan biaya-biaya operasional lainnya seperti listik, air, sabun atau detergen pencuci, pewangi atau pelembutan pakaian, hanger, dan plastik untuk menjaga kebersihan hasil cucian. Bgi anda yang ingin membuka jasa laundry kiloan, wajib menyediakan timbangan.
Faktor Risiko
Beberapa resiko dari usaha ini yang perlu di antisipasi sebelumnya adalah sepewrti air atau listrik mati, menghilangnya pakaian, kurang bersihnya hasil cucian, dan masih banyak lagi. Kalau anda sebagai penyedia layanan jasa mampu meminimalisasikan semua risiko yang ada, maka sudah waktunya anda di sebut sebagai pengusaha kecil yang sukses.
Tips sukses usaha laundry :
• Carilah lokasi yang strategis, seperti di lingkungan kampus, perkantoran, pasar, kos-kosan atau tempat keramaian lainnya.
• Mempunyai formula khusus untuk menghilangkan noda pada kain atau pakaian.
• Mengerjakan dengan tepat waktu sesuai dengan pesanan pelanggan.
• Memperlakukan karyawan sebagai mitra kerja.
• Harus bisa mengatur keuangan dengan sungguh-sungguh.
• Agar usahatetap berkembang, pembagian presentase antar karyawan harus wajar
• Mempunyai perjanjian untuk menyelesaikan masalah jika ada pakaian pelangganyang bermasalah, seperti rusak atau hilang.
• Membuat pembukuan yang rapi dan jelas.
• Membuat rekapitulasi dari setiap pemasukan per hari sesuai dengan jenis cucian apa saja yang banyak di cuci.
• Lakukan promosi yang kreatif di mana pun anda berada.
7. USAHA WARNET
Kebutuhan akan internet ini sudah di perhatikan sejak lama oleh kalangan bisnis atau wirausaha. Tan pa di komando pun mereka mulai berlomba-lomba membuka fasilitas yang membeikan pelayanan jasa internet yang dalm bahasa gaulnya disebut warung internet alias Warnet.
Maraknya jumlah warnet di bebagai sudut kota di tanah air membuat persaingan bisnis ini semakin sangat ketat. Berbagai strategi di terapkan untuk menarik konsumen mulai dari discount harga, kecepatan akses hingga pelayanan tambahan lain yang di tawarkan pemilik warnet.
Sebagai langkah awal hal-hal yang perlu di perhatikan.
Lokasi
Jika memang memungkinkan rumah anda pun bisa di jadikan tempat usaha. Apa lagi jika di daerah tersebut sudah ada masuk TV Cable, sehingga anda bisa berlangganan dan memasang internet. Tapi jika anda ingin menyewa tempat, sebaiknya di gabung dengan bisnis lain seperti warung makan dan minuman. Sehingga biaya sewa pun akan lebih ringan karena anda bisa patungan dengan para pedagang makanan tersebut. Semakin strategis lokasi yang anda sewa maka semakin tinggi pula harga sewanya.
Pelanggan
Biasanya pelanggan yang datang ke warnet ini adalah mereka yang bosan menggunakan dari rumah atau mereka yang tidak memilki provider di rumah. Pelanggan dari usaha ini sebagian besar para pelajar dan mahasiswa.
Tenaga Kerja
Untuk menjalankan dan mengawasi usaha ini, anda bisa di bantu oleh satu oang pekerja yang memahami penggunaan komputer sekaligus merangkap sebagai kasir. Ada baiknya jika anda mempekerjakan saudara dari pasangan atau seseorang yang benar-benar bisa di percaya.
Modal Usaha
Harga sewa internet untuk satu jam berkisar antara Rp.2000 s/d Rp. 5000. Disini anda juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan jika warnet anda sekaligus menyediakan makanan dan minuman ringan ynag bisanya sangat di butuhkan pelanggan.
Omset warnet ini juga tergantung dari lamanya pelanggan berinternet dan jumlah komputer yang di gunakan. Jika kedua hal tersebut tidak di perhatikan dan di kendalikan, bisa jadi omzet tidak memenuhi sehingga investasi akan mengalami kerugian.
Tips agar warnet laku :
• Melengkapi fasilitas warnet dengan menyediakan printer digital, scanner, bluetooth, infra merah, dan kabel data supaya bisa juga mencetak foto dari camera digital atau HP.
• Menyediakan jasa print dan scan, karena akan memudahkan pelanggan untuk mengerjakan tugas-tugas mereka (khususnya pelajar dan mahasiswa) sehingga mereka pun makin betah di warnet anda.
• Memilki konsistensi dalam hal pelayanan.
• Perangkat komputer harus terus di pelihara, di perbaiki, atau jika perlu di ganti.
• Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, maka usahakan untuk selalu up to date per 3 bulan sekali.
• Mengantisipasi pelanggan yan g usil untuk tidak merusak hardware atau software PC.
• Mempekerjakan karyawan atau operator yang jujur, ramah dan mampu mengjari atau membantu dengan sabar para pelanggan baru.
• Untuk menarik pelangganm isal pada jam-jam tertentu adakan penawaran diskon atau mungkin sekedar memberikan minuman ringan gratis.
• Memberikan harga sewa yang relatif terjangkau bagi pelanggan.
8. JASA VIDEO SHOOTING – EDITING – TRANSFER VCD / DVD
Bagi sebagian orang mereka ingin memiliki kenangan yang bisa di jadikan media sebagai pengingat kejadian moment-moment tersebut. Disinilah peluang emas anda untuk memulai bisnis dengan memberikan jasa muali dari video shooting, edit video, hingga transver video ke VCD atau DVD.
Untuk jasa ini yang sangat di perluakan adalah ketelitian dalam mengambil gambar serta memotong film sesuai keinginan pelanggan. Jika perlu anda pun bisa memberikan arahan untuk mendapatkan gambar yang terbaik. Saekarang tingal bagaimana anda memulainya.
Lokasi
Anda bisa melakukannya di rumah atau bahain di kantor pada saat jam-jam kosong. Tapi jika semakin berkembang alangkah baiknya jika anda memulai menyewa temapt yang cukup strategis agar usaha anda semakin terlihat bonafide.
Pelanggan
Anda bisa menyebarkan brosur aatau kartu nama untuk lebih memudahkan dalam penjualan jasa anda. Jaringan terdekat sebagai pengguna jasa anda ini seperti pengusaha katering, event organizer, kerabat terdekat, dan masih banyak lagi.
Tenaga Kerja
Jika anda ahli dalam bidang usaha yang anda geluti ini, maka anda tidak membutuhkan karyawan. Tapi jika suatu saat nanti anda sudah merasa kewalahan maka tidak ada salahnya jika anda mulai memperkirakan karyawan yang benar-benar memahami seluk beluk editing film hingga memprosesnya dalam komputer.
Modal Usaha
Kalau modal tidak begitu besar, anda bisa mencoba membeli komputer kondisi second dengan harga sekitar Rp.2 juta s/d 3 juta. Jika baru harga komputer itu bisa berkisar Rp. 5 juta s/d p. 10 juta ( sudah lengkiap dengan fasilitas video edit / transfer), camcorder ( untuk shootingnya), camera digital atau analog.
Harga tarif dari jasa ini sangat bervariasi, untuk video shooting berkisar antara Rp. 150 ribu s/d Rp. 250 ribu. Untuk tansfer ke VCD Rp. 25 ribu s/d Rp. 50 ribu, sedangkan untuk transfer ke DVD harganya bisa jauh lebih mahal.
9. USAHA MERANGKAI BUNGA
Bunga tidak ada habis-habisnya di eksplorasi. Di jadikan hadiah untuik yang tersayang, atau di taruh sebagai pajangan di sudut ruangan. Dewasa ini banyak kita jumpai kios-kios penjual rangkaian bunga. Dan tampaknya usaha merangkai bunga ini merupakan salah satu jenis peluang usaha yang bisa di kerjakan oleh siapa saja. Tidak di butuhkan kemampuan yang cukup rumit untuk memulai usaha ini. Hanya ketelatenan dan keuletan untuk memasarkan bunga-bunag karya anda. Jadi, peluang usaha ini sangat terbuka lebar, tinggal bagaiman anda membuat rangkaian bunga yang menarik bagi konsumen. Ada pun bunga-bunga tersebut bisa anda peroleh dari pemasok yang sebagian besa berasal dari Malang, Sukabumi, Bandung, bahkan dari luar negri seperti China.
Jika anda tertaik pada usaha ini, ada beberapa hal yang perlu anda pelajari.
Lokasi
Sebaiknya anda memulai usaha ini dengan menempati lokasi yang strategis. Tapi, sebagai pemula, di sarankan menyewa tempat yang memang khusus menjual rangkaian bunga. Dengan membuka usaha di lokasi yang memang sudah banyak pesaingnya, anda mempunyai keuntungan lainnya, sepwerti anda tidak perlu lagi repot-repot lagi mencari stok bunga segar untuk usaha ini. Karena petani bunga atau pemasok akan mendatangi anda untuk menawarkan produknya (bunga).
Pelanggan
Biasanya pelanggan untuk usaha ini sifatnya musima, misalnya menjelang hari kasih sayang, lebaran, dan lain-lain. Pada saat itulah pelanggan akan ramai mendatangi toko bunag yang mampu menarik selera dengan harga yang terjangkau tentunya. Untuik lebih meningkatkan jumlah pelanggan, sebaiknya sebarkan brosur di perkantoran, hotel, café, rumah sakit. Selain itu buatlah katalog yang memuat foto hasil bunga karya anda dan jangan lupa mengunjungi situs-situs di internet untuk mempromosikan usaha anda ini.
Tenaga kerja
Karena usaha ini butuh keuletan dan kreativitas, maka pilihlah pekerja yang paham betul karya seni atau teknik merangkai bunga. Biasanya gaji untuk pekerja ahli tersebut sekitar Rp. 1 juta. Kalau memang dana anda terbatas, anda bisa menerapikan sistim bagi hasil atau komisi sesuai dangan rangkain bunag yang terjual.
Modal Usaha
Modal yang harus di siapkan adalah biaya sewa tempat usaha. Biasanya biaya tersebut berkisar Rp. 5juta s/d 10 juta per tahun, tergantung dari seberapa strategis lokasi yang anda pilih. Persiapan lain yang di butuhkan untuk memulai usaha ini adalah penyediaan bahan untuk merangkai bunga, seperti pot, keranjang, papan gabus, plastik dan kertas hias, plester, bambu penyangga papan, dan aneka bahan lainnya di samping bunag segar sebagai produk utamanya.
Tips merangkai bunga :
• Melakukan perawatan secara rutin setiap hari
• Untuk vas, gunakan vas kaca bening agar bunga dapat terjaga kelembabannya, mudah terkena cahaya dan suhu pada bunga tetap stabil.
• 2 hari sebelum bunga menjadi layu, sebaiknya segera lakukan pengeringan.
• Agar kesuburan bunga bisa di pertahankan dan memperpanjang umu bunga, sebaiknya membubuhkan garam dalam air rendaman.
• Khusus untuk bunga potong yang mengeluarkan getah dari lukapotongannya, tangkainya di masukkan sejenak dalam air –panas sebelum di rendam dalam air dingin atau dengan mengoleskan api lilin.
10. TOKO KELONTONG
Di toko kelontong anda bisa menjual barang-barang kebutuhan sehari –hari yang harganya terjangkau. Untuk membuka usaha ini pun bisa anda lakukan di rumah denganmodal relatif kecil dan tidak membutuhkan keahlian khusus.
Untuk sukses menghadapi persaingan, anda perlu memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Dan jika perlu menyatakan nilai lebih itu kepada para pelanggan anda agar mereka merasakan dan membuktikannya.Anda bisa menjual barang-barang yang tidak ada di toko pesaing tersebut sebagai produk andalan anda tersebut dengan menyediakan layanan jasa pengantaran.
Banyak juga yang menjadi penyebab usaha kelontong ini gagal, diantaranya adalah karena pemiliknya sering kali mencampur adukkan keuangan toko dengan keuangan pribadi. Dari pada anda mencampur adukkan kebutuhan pribadi dengan uang kas toko, alangkah baiknya jika anda menggaji diri sendiri atas pengelolaan toko tersebut.
Lokasi
Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan dalam membuka usaha. Membuka toko kelontong mungkin akan lebih cocok untuk daerah pemukiman. Karenanya lakukanlah survei untuk mencari tempat yang sesuai dengan usaha anda.
Untuk mencoba usaha ini sebaiknya di pilih lokai yang padat pendudyk dan tidak ada tokosejenis dalam radius 50 meter. Jika dananya memungkinkan, anda bisa mencari lokasi strategis lainnya.
Pelanggan
Jadi dalam hal ini alangkah baiknya jika anda melakukan identifikasi, fakto apa swaja yang mempengaruhi keputusan membeli dari calon konsumen. Tapi jika ternyata calon konsumen menginginkan kenyamanan dalam berbelanja, maka anda harus mempertimbangkan ruang toko dengan fasilitas misalnya AC. Perhatikan masalah harga agar minimal sama, usahakan tidak lebih mahal dari pesaing. Tapi jangan juga terlalu murah agar tidak mematikan usaha pesaing.
Perlu juga melakukan observasi kepada calon pelanggan agar tanggap dan cepat menyesuaikan diri dengan selera pelanggan. Bisa juga menambah layanan siap saji dan siap antar ,atau menerima pesanan via telepon.
Tenaga kerja
Mungkin tidak terlalu bermasalah jika anda sendiri yang mengelola usaha ini, Tapi lain ceritanya jika anda ingin mempekerjakan karyawan. Sebelum anda mempekerjakan mereka sebaiknya terlebih dahulu anda mempehatikan masalah kepribadian dan kemampuannya. Sebaiknya mempekerjakan orang-orang di sekitar anda yang dapat di percaya, seperti saudara dari pasangan.
Modal Usaha
Modal awal untuk merintis usaha ini di perkirakan sekitar Rp. 4 juta s/d 5 juta. Perinciannya adalah Rp. 4 juta untuk stok barang (modal kerja), Rp.1 juta untuk etalase, dan sisanya untuk biaya operasional lainnya.
11. USAHA JAHITAN
Khusus untuk usaha jahit- menjahit ini, sangat di butuhkan kreativitas yang tinggi. Karena pakaian meskipun bukan barang basi jika tidak terjual, tapi tetap saja memiliki masa ekonomis yang produksi. Artinya anda harus terus meneus mengebah mode pakaian aga tidak ketinggalan trend yang sedang berkembang.
Lokasi
Sebagai tahap awal, anda bisa memanfaatkan ruangan dalam ruangan anda, Tapi kalau memang dananya ada, di sarankan untuk memilih tempat yang strategis. Hal ini sekaligus bisa di manfaatkan sebagai sarana promosi, misalnya dengan memajang karya terbaik anda di etalase atau jika perlu dengan memasang plakat di depan toko.
Pelanggan
Semakin anda punya banyak kenalan dan aktiv di berbagai kegiatan, seperti arisan atau pengajian bisa menjadi lahan yang cukup menguntungkan.
Untuk menarik pelanggan buatlah brosur tentang aneka produk anda dan tawarkan diskon yang berlaku dalam waktu tertentu. Dan jangan lupa untuk selau berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kualitas jahitan atau model yang mereka kehendaki.
Tenaga Kerja
Kalau memang anda tidak bisa menjahit, anda bisa merekrut karyawan, sedangkan anda yang bertugas memasarkan hasilnya. Untuk menghemat biaya, karyawan tersebut bisa anda gaji bedasarkan komisi. Dengan perekrutan karyawan ini, anda akan mempunyai sedikit risiko karena adanya perbedaan budaya dan aktivitas serta karakter sehari-hari.
Untuk itu, alangkah baiknya jika kayawan itu hasil didikan anda sendiikarena diharapkan mereka akan mengenal cara kerja dan model yang biasa di buat serta keinginan pelanggan.
Modal Usaha
Yang pertama kali di pesiapkan adalah mesin jahit dan peralatannya yang di sesuaikan denagn kebutuhan. Untuk pakaian dan celana yang modelnya cukup sederhana, anda bisa memasang tarif sekitar Rp. 40 ribu s/d 100 ribu. Sedangkan untuk kebaya, anda bisa mematok harga mulai Rp. 100 ribu s/d 200 ribu bahkan bisa jadi lebih mahal, tergantung seberapa rumit detail dan kainnya.
Penambahan modal berupa mesi dan tenaga kerja, bisa dilakukan jika selama ini anda sudah kewalahan menerima pesanan yang masuk.
Anda bisa membagi biaya-biaya tersebut menjadi 2 bagian, yaitu :
• Biaya tetap ( biaya operasional)
Yang termasuk kedalam biaya ini adalah gaji, uang makan untuk pekerja yang bisa dihitung dengan pasti.
• Biaya variabel ( biaya produksi per unit poduk)
Yang termasuk dalam biaya ini adalah upah pekerja per poting baju, bahan baju, benang, kertas pola, dan lain-lain.
Pada dasarnya keberlangsungan usaha ini tergantung pada banyaknya pelanggan dan ketekunan anda. Layanan yan g sangat baik serta memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam usaha ini.