Cara Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork

By on April 2, 2015
Cara Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork Reviewed by usaha mandiri on . This Is Article About Cara Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork

Cara Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork − Teamwork dalam berbisnis sangatlah penting, tanpa teamwork yang solid sebuah usaha akan pincang dan bahkan bisnis tersebut kolaps di tengah jalan. Semua pebisnis tentu ingin mendapatkan teamwork yang bisa bekerja efektif dan saling support antara team satu dengan yang lainnya. Teamwork dalam berbisnis sangatlah penting, dan bahkan tanpa teamwork yang […]

Rating: 4

Cara Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork − Teamwork dalam berbisnis sangatlah penting, tanpa teamwork yang solid sebuah usaha akan pincang dan bahkan bisnis tersebut kolaps di tengah jalan.

Semua pebisnis tentu ingin mendapatkan teamwork yang bisa bekerja efektif dan saling support antara team satu dengan yang lainnya. Teamwork dalam berbisnis sangatlah penting, dan bahkan tanpa teamwork yang solid, kemungkinan bisnis tersebut akan pincang dan bahkan bisa-bisa bisnis tersebut kolaps di tengah jalan.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menciptakan kepercayaan dalam sebuah team? Berikut ini saya informasikan beberapa tips bisnis yang bisa Anda aplikasikan dalam merintis usaha.

Menciptakan Kepercayaan Dalam Teamwork

Perbaiki diri

Untuk mendapatkan kepercayaan dari teamwork, kita harus perbaiki terlebih dahulu apa yang ada ddalam diri kita. Mungkin kebiasaan lama kita sering malas atau ngaret ketika rapat, sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut. Jika ingin mendapatkan teamwork yang solid, perbaikilah diri terlebih dahulu.

Selalu menyapa dan senyum

Serumit apapun keadaan saat ini, cobalah untuk terus tersenyum, karena dengan senyum akan memberikan dampak positif kepada rekan bisnis maupun team Anda. Jangan pernah menunjukan muka tegang dan khawatir yang terlalu berlebihan, karena nanti akan menyebabkan team menjadi ikut panik. Sebagai pimpinan perusahaan, usahakan selalu menyapa siapa saja yang ada dalam teamwork tersebut. Usahakan jangan pernah memandang tingkatan.

Berinisiatif dan bertanggung jawab

Dalam menjalankan bisnis, kita harus menurunkan ego kita, dalam artian kita harus bisa selalu menunjukan sikap inisiatif ketika bisnis dalam keadaan terombang-ambing. Inisiatif sangat perlu ditanamkan kepada semua yang ingin sukses menjalankan bisnis. Jangan pernah mencari kambing hitam, karena itu tidak akan pernah merubah keadaan. Selalu berinisiatif mencari solusi, bertanya kepada rekan team ketika ada yang mengalami kendala sangat perlu. Itu salah satu bentuk rasa memiliki yang sangat nyata.

Belajar dan belajar

Bekerja tak hanya bekerja, bekerja tentu harus dibarengi dengan menambah ilmu pengetahuan. Setidaknya ada perkembangan pada diri kita. Belajar tak hanya harus dari teori, namun dari pengalaman sebelumnya atau pengalaman dari rekan team lainnya sangatlah ampuh untuk menunjang skill kita untuk mendapatkan kepercayaan dalam teamwork.

Perhatikan Etika dalam bekerjasama

Sudah pasti, dalam setiap bisnis yang dibuat, pasti akan ada sistem yang dianut oleh para pelaku dalam bisnis tersebut. Bahasa yang digunakan, cara menyampaikan sesuatu, sampai cara menunjukan rasa kurang suka akan suatu hal juga sangat penting untuk menjaga eksistensi dalam berbisnis. Perhatikan etika dalam bekerjasama. Selalu mau untuk menjaga tata kesopanan dan atmosfer kekeluargaan.

Selalu siap dalam keadaan apapun

Bisnis itu sangat berkaitan dengan keadaan yang tak terduga. Setiap merancang suatu agenda atau strategi, kita harus bisa menyisipkan beberapa plan untuk mengantisipasi plan utama yang sudah disetujui bersama. Seseorang yang ingin mendapatkan kepercayaan harus faham dan siap dalam keadaan apapun.

Percayakan team lain

Saat anda mendapatkan kepercayaan untuk memegang suatu tanggung jawab dalam bisnis, itu pertanda bahwa anda memiliki kualitas. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengasah skill. Namun, tetap percayakan ke team lain untuk berkolaborasi. Komunikasi yang efektif dan sikap untuk selalu percaya sangat penting.

Sampaikan Sesuatu yang baru

Jangan ragu, ketika dalam pikiran ada sesuatu yang baru dan bisa menunjang bisnis yang sedang dijalani, sampaikanlah. Ide, opini ataupun kritik sangatlah membantu untuk menjaga kredibilitas dari bisnis yang dijalani. Bertukar pikiran untuk menanjamkan visi dan misi sangatlah ideal untuk kemajuan dari bisnis yang dijalani.

Siap menerima kritikan

Ya benar, tak semua manusia mau menerima kritikan, apalagi kita sudah percaya diri dengan apa yang sudah kita kerjakan. Disinilah dilatih kita untuk menjadi pendengar dan mau menerima kritikan. Sangat beruntung jika kritikan tersebut berdatangan, setidaknya orang menilaimu. Catat baik-baik kritikan tersebut, agar menjadi lebih baik dan bisa diandalkan.

Mendapatkan kepercayaan dari rekan team adalah barometer dari kualitas yang kita miliki. Tetaplah yakin dengan kualitas Anda dan be smart entrepreneur. Salam Sukses Bisnis Usaha!