Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik

By on March 24, 2015
Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik Reviewed by usaha mandiri on . This Is Article About Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik

Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik − Memperkenalkan diri secara langsung tentu tidak cukup karena keterbatasan memori manusia yang mudah lupa. Salah satu caranya dengan memberikan kartu nama untuk membangun relasi bisnis Anda. Membangun relasi bisnis adalah hal yang cukup penting. Berbagai pakar bisnis menyebutkan bahwa bisnis adalah relasi itu sendiri. Ketika dalam sebuah pertemuan, […]

Rating: 5

Cara Membuat Kartu Nama Bisnis yang Menarik − Memperkenalkan diri secara langsung tentu tidak cukup karena keterbatasan memori manusia yang mudah lupa. Salah satu caranya dengan memberikan kartu nama untuk membangun relasi bisnis Anda.

Membangun relasi bisnis adalah hal yang cukup penting. Berbagai pakar bisnis menyebutkan bahwa bisnis adalah relasi itu sendiri. Ketika dalam sebuah pertemuan, ngobrol dengan orang dalam perjalanan, baik sengaja atau tidak, kita cenderung ingin memperkenalkan diri, dan sedikit bercerita tentang latar belakang kita. Apalagi jika kita mempunyai bisnis, tentunya momen ini tidak akan disia-siakan untuk membangun relasi bisnis. Relasi mungkin pada saat baru bertemu tidak memberi manfaat apapun. Namun, di masa mendatang bisa menjadi hal yang menguntungkan.

Memperkenalkan diri secara langsung tentu tidaklah cukup karena keterbatasan memori manusia yang mudah lupa. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sesuatu yang bisa memberikan penanda bahwa dulu pernah saling bertemu. Selain itu, Anda pun perlu memberikan kontak, agar suatu saat nanti jika memerlukan dapat saling menghubungi. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kartu nama bisnis.

Di tengah jaman yang serba modern ini, kartu nama memang terkesan jadul. Karena kita bisa saja bertukar nomor telepon atau akun sosial media secara langsung melalui gadget. Namun, kartu nama bisnis memiliki beberapa kelebihan daripada hanya sekedar bertukar nomor telepon secara langsung. Orang mungkin tidak mengingat siapa saja yang ada dalam kontak teleponnya. Kontak telepon hanya menyimpan informasi sebatas nama dan nomor saja, tetapi tidak dengan keterangan lain. Selain itu, tidak semua orang dengan serta merta mau memasukkan Anda ke dalam daftar teman sosial media mereka.

Meskipun terkesan jadul, kartu nama lebih memberikan kesan profesional dan lebih menghargai sebagai relasi bisnis. Kartu nama bisnis pun lebih banyak memberikan informasi daripada kontak pada nomor telepon. Kartu nama bisa berfungsi sebagai sarana pemasaran yang cukup efektif. Pemasaran tidak melulu tentang strategi, promosi, dan sebagainya tetapi juga tentang bagaimana sukses membangun relasi bisnis. Dengan adanya kartu nama, informasi tentang Anda dan usaha Anda dapat dengan mudah diingat oleh relasi bisnis Anda.

Untuk mempermudah relasi dalam menerima informasi yang ada dalam kartu nama Anda, ada berbagai tips agar kartu nama Anda menjadi efektif. Berikut tips-tips membuat kartu nama bisnis yang efektif :

Tentukan tujuan kartu nama Anda.

Anda harus bisa menentukan tujuan pembuatan kartu nama Anda apakah memperkenalkan diri Anda saja atau memperkenalkan usaha Anda juga. Jika sudah tahu tujuannya, maka Anda dapat dengan mudah memilah informasi apa yang harus ada dalam kartu nama tersebut.

Cantumkan informasi yang penting saja.

Pastikan yang tertera dalam kartu nama hanya nama, posisi Anda, logo perusahaan, beserta kontak perusahaan seperti telepon, fax, website, ataupun beberapa akun media sosial. Jika ingin menginformasikan usaha Anda, tak perlu memberi deskripsi panjang tentang usaha Anda. Cukup dengan frase yang sudah mewakili semua. Misalkan usaha Anda pemasok ikan segar, cukup dengan kata-kata “supplier ikan” atau “sedia ikan segar”

Gunakan bahan cetak yang berkualitas.

Kartu nama dengan kualitas baik tentu akan memberi kesan baik bagi relasi Anda. Pastinya Anda tidak mau kan kartu nama Anda mudah “lecek” dan tintanya mudah luntur sehingga relasi Anda enggan untuk menyimpannya? Cetaklah kartu nama Anda dengan kertas berkualitas baik meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Buat desain yang unik dan sederhana.

Desain unik membuatnya mudah untuk diingat. Unik tak harus dengan desain yang banyak grafis dan berbelit-belit. Desain yang sederhana dengan tulisan yang tegas justru memberikan kesan elegan dan memikat. Ya, prinsip less is more memang banyak benarnya, bukan?

Demikian beberapa tips membuat kartu nama bisnis yang menarik. Semoga bermanfaat! Salam Sukses Bisnis Usaha!