Tips Memulai Bisnis Properti oleh Elang Gumilang

0
28

Tips Memulai Bisnis Properti oleh Elang Gumilang — Nama Elang Gumilang kian berkibar. Elang bukan hanya dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang sukses, namun juga sosok dengan visi sosial yang sangat tinggi. Meski telah menjadi pebisnis muda dengan omzet ratusan miliar rupiah, Elang tetap sosok yang rendah hati dan senantiasa senang berbagi.

elang-group
www.suksesbisnisusaha.com

“Dengan berbagi, bisnis yang kita bangun menjadi penuh barokah dan manfaat,” ujar Elang yang sukses besar di bisnis properti dengan bendera Elang Group. Pria muda nan enerjik ini telah mengembangkan belasan perumahan, mulai dari perumahan segmen kelas menengah ke bawah hingga ke segmen atas.

Elang membeber tujuh strategi jitu untuk menjadi developer sukses. “Strategi-strategi ini harus diterapkan secara konsisten,” kata Elang yang sejak bangku kuliah sudah gencar berbisnis ini.

Pertama, melakukan riset dan prediksi terhadap situasi bisnis yang dihadapi. Langkah ini penting untuk membaca potensi pasar. “Misalnya untuk kebutuhan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), itu besar sekali. Itu kesempatan untuk usaha sekaligus membantu mereka mendapatkan akses perumahan,” kata Elang.

Strategi kedua, lanjut Elang, adalah merancang business plan. “Bisnis tanpa perencanaan tidak mungkin bisa optimal. Bagaimana kita menentukan target, melakukan manajemen waktu yang baik, manajemen keuangan secara ketat, dan manajemen modal dengan bijaksana akan sangat menentukan,” kata Elang.

Strategi ketiga adalah berburu lahan. Usahakan mencari lahan yang masih belum tergarap optimal, namun dengan tetap memperhitungkan prediksi-prediksi pengembangan wilayah di masa depan.

Strategi keempat adalah sesegera mungkin melakukan langkah nyata. “Inti bisnis terletak pada action. Lakukan berdasar apa yang kita lihat, bukan berdasar asumsi saja, dan lakukan sekarang juga.

Strategi kelima adalah melakukan pemasaran dengan langkah-langkah yang unik dan bisa menarik perhatian pasar.

Strategi keenam adalah berbagi manfaat. Elang memang dikenal sebagai salah satu sosok pengembang sukses untuk segmen MBR. Saat pengembang lain berburu laba optimal, Elang menjalankan misi sosial dengan mengambil laba sewajarnya agar semua orang bisa memiliki rumah. Dia pernah mengembangkan perumahan untuk segmen MBR hanya dengan uang muka Rp1,2 juta, dan cicilan tak sampai Rp100.000 per bulan selama 15 tahun.

Strategi ketujuh adalah senantiasa berikhtiar dan berdoa. “Terus berusaha, terus berikhtiar, terus berdoa. Kuasa Tuhan adalah segalanya,” pungkas Elang.