Tips Memilih Broker Properti Profesional

By on May 2, 2015
Tips Memilih Broker Properti Profesional Reviewed by Ide Usaha on . This Is Article About Tips Memilih Broker Properti Profesional

Tips Memilih Broker Properti Profesional — Broker properti merupakan istilah keren dari pialang atau makelar properti. Broker berperan menjembatani penjual dengan investor atau pembeli. Keberadaan broker properti sangat membantu bagi para penjual dan pembeli yang ingin menjual, membeli atau menyewa properti yang diinginkan. Jasa broker properti dalam jual beli sewa properti ditopang oleh sinergi dukungan dari […]

Rating: 4

Tips Memilih Broker Properti Profesional — Broker properti merupakan istilah keren dari pialang atau makelar properti. Broker berperan menjembatani penjual dengan investor atau pembeli. Keberadaan broker properti sangat membantu bagi para penjual dan pembeli yang ingin menjual, membeli atau menyewa properti yang diinginkan. Jasa broker properti dalam jual beli sewa properti ditopang oleh sinergi dukungan dari lima stakeholder utama yaitu: Pemerintah, Perbankan, Developer, Asosiasi dan Masyarakat.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Menjual rumah tanpa perantara memang sekilas lebih menguntungkan, namun kerap menguras tenaga, pikiran, dan waktu. Anda pun mesti selalu siaga menerima telepon atau menerima orang yang ingin melihat kondisi rumah yang dijual. Belum lagi, jika Anda tidak tahu harga yang cocok untuk rumah tersebut atau tidak tahu saat yang tepat untuk menjualnya. Alih-alih mendapat untung, Anda justru menuai buntung.

Semua hal tersebut mungkin tidak terjadi jika Anda menggunakan jasa agen/broker properti. Syaratnya: broker tersebut berpengalaman dan berkarakter baik. Logikanya, broker properti akan memberikan harga tertinggi agar dia mendapat komisi yang tinggi pula. Untuk mendapat harga jual yang bagus, si broker akan melakukan beragam upaya, seperti memasang iklan di media massa ataupun menyebarkan brosur/listing ke jaringan atau wilayah pemasaran yang dimilikinya.

Broker properti yang baik, pandai menaksir harga rumah dan akan terus memantau perkembangan penjualan rumah Anda. Sebaliknya, broker yang kurang baik tidak memiliki komitmen kuat akan menitipkan listing rumah Anda ke broker lain dan membuat penjualan rumah memakan waktu lama.

Untuk mendapatkan broker properti yang andal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan broker tersebut punya banyak pengalaman melakukan transaksi, terutama di kawasan lokasi rumah Anda.
  2. Pastikan broker tersebut punya jaringan pembeli yang luas di kawasan lokasi rumah Anda.
  3. Pastikan broker tersebut mampu menaksir/memprediksi nilai rumah Anda.
  4. Dalam perjanjian dengan broker tersebut, pastikan ada komitmen bahwa broker tersebut tak akan menitipkan penjualan rumah Anda ke orang/broker lain.
  5. Pastikan bahwa broker tersebut punya kebiasaan untuk mempromosikan/mengiklankan listing rumah Anda dengan biaya sendiri.