Strategi Pemasaran Modern dalam Bisnis Property

0
2

Strategi Pemasaran Modern dalam Bisnis Property — Berbicara mengenai strategi pemasaran modern, saat ini memang telah terjadi perubahan besar dalam dunia bisnis. Media promosi adalah salah satu hal yang mengalami perubahan drastis. Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan sehari-hari kita, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari. Mau tak mau kita harus mengikuti perkembangan ini jika ingin memenangkan pasar. Kalau kita tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sudah pasti kita akan tergerus secara perlahan.

Business-Strategy

Suka tidak suka, trend pemasaran dengan menggunakan media digital memang harus dihadapi. Trend marketing yang dikenal dengan trend web 2.0 kini berkembang dengan pesat. Belum lagi gempuran media sosial yang setiap hari semakin banyak pengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari, membuat perubahan dalam mencari informasi. Jika dulu berinteraksi dengan orang lain hanya dilakukan dengan beberapa cara saja, kini dengan kehadiran teknologi 2.0 telah membuat moda komunikasi ini bisa berubah dengan drastis.

Memahami Strategi Pemasaran Modern

Dengan adanya perubahan pencarian informasi dan jug acara berkomunikasi dengan orang lain ini, tentunya strategi pemasaran juga mengalami perubahan. Kalau kita bisa memahami trend saat ini dan mampu memanfaatkannya, maka kita akan bisa memenangkan pasar dengan mudah.

Dengan trend yang sudah kita pahami tadi, kita bisa meraba bagaimana strategi pemasaran modern yang paling pas untuk digunakan. Ada beberapa perubahan strategi pemasaran yang terjadi saat ini. Perubahan-perubahan itu sudah kami rangkum dalam beberapa poin di bawah ini:

1. Perubahan Kebiasaan Konsumen

Dahulu meletakkan iklan di media cetak dan elektronik sangatlah berpengaruh terhadap penjualan sebuah produk. Pada zaman itu memang televisi dan media cetak seperti koran adalah sumber informasi yang bisa mereka dapatkan. Sehingga masih banyak orang yang melihat televisi ataupun koran.

Lalu bagaimana dengan kondisi saat ini? seiring perkembangan teknologi di dunia maya yang didukung dengan gadget yang semakin mumpuni, perilaku masyarakat tersebut juga mengalami perubahan.

Tepatnya sejak tahun 2007, banyak orang menggunakan internet sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Semakin ke depan jumlah penduduk yang menggantungkan internet sebagai sumber informasi semakin banyak pula. Maka tak heran jika media cetak seperti koran sudah mulai ditinggalkan. Dari perubahan inilah yang membuat strategi pemasaran kini beralih ke dunia online.

2. Media Online Mulai Mendominasi

Seiring perubahan perilaku masyarakat yang menggantungkan informasi dari dunia maya, maka strategi pemasaran di internet mulai berkembang. Di awal tenarnya penggunaan internet sebagai media untuk promosi yaitu tahun 2007, media online belum bisa mengalahkan iklan yang ada di media elektronik maupun media cetak.

Namun di tahun 2012, perubahan besar telah terjadi. Mengutip dari situs eMarketer, pada tahun 2012, terjadi untuk pertama kalinya di Amerika Serikat iklan di dunia maya mampu mendatangkan keuntungan jauh lebih banyak dibandingkan dengan iklan yang dipasang di media cetak dan elektronik.

3. Brand Ambassador dari Artis yang Mulai tergantikan

Dahulu mendapuk seorang artis cantik atau tampan sebagai brand ambassador sebuah produk mampu menarik minat masyarakat untuk membeli sebuah produk. Walaupun kini masih dilakukan, ternyata mulai ada perubahan yang perlahan namun pasti menggeser fungis ambassador ini.

Di dunia maya seleb blog, selebtwit serta jumlah likes di facebook dengan jumlah yang fantastis menjadi influencer bagi para konsumen. Mereka lebih menaruh pekercayaan kepada orang-orang itu jika mengulas sebuah produk. Bahkan kepercayaan itu lebih besar dibandingkan dengan menggunakan wajah cantik atau gantik artis Indonesia yang dipajang di iklan TV.

4. Community Talks yang Semakin Efektif

Menyalakan televisi sebagai media hiburan memang tidak sepenuhnya ditinggalkan. Hanya saja media masa ini masih kalah dibandingkan dengan media online. Akun media sosial seperti facebook dan twitter menjadi tempat untuk menjalin komunikasi.

Jika ada banyak orang yang membicarakan satu produk, maka kita akan tertarik untuk mengetahuinya dan ikut-ikutan untuk berkomentar. Sudah banyak contoh produk yang terkenal karena pembicaraan di media sosial, padahal iklan yang mereka pasang di media elektronik tidak begitu menarik untuk dilihat.

5. Terjadinya Komunikasi Dua Arah di Dunia Marketing

Dahulu dalam dunia pemasaran, kita akan lebih banyak berbicara. Kondisi ini kini tidak berlaku lagi, karena kita harus mengimbangi berbicara dengan mendengarkan apa yang konsumen inginkan. Dengan mendengar itulah kita bisa mendapatkan feedback sebagai bahan perbaikan produk itu ke depan.

Itulah tadi beberapa perubahan dari strategi pemasaran modern. Mau tak mau, suka tak suka, kita memang harus mengikuti perubahan itu, karena pada dasarnya perubahan adalah suatu hal yang kekal.