Inspirasi Rumah Bergaya Minimalis dan Multifungsi

By on April 13, 2015
Inspirasi Rumah Bergaya Minimalis dan Multifungsi Reviewed by Ide Usaha on . This Is Article About Inspirasi Rumah Bergaya Minimalis dan Multifungsi

Inspirasi Rumah Bergaya Minimalis dan Multifungsi — Rumah bergaya compact house cocok untuk Anda yang suka mendesain ruangan dengan konsep minimalis dan multifungsi. Karena konsep compact house nyaris setiap furnitur di dalamnya memiliki lebih dari satu fungsi. Rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah […]

Rating: 4

Inspirasi Rumah Bergaya Minimalis dan MultifungsiRumah bergaya compact house cocok untuk Anda yang suka mendesain ruangan dengan konsep minimalis dan multifungsi. Karena konsep compact house nyaris setiap furnitur di dalamnya memiliki lebih dari satu fungsi.

www.suksesbisnisusaha.com

www.suksesbisnisusaha.com

Rumah minimalis adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah minimalis, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya. Bukan sekadar latah ikut-ikutan tren minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan..

Rumah minimalis pun hadir dengan karakter lebih jelas (bentuk dan ruang geometris, sederhana), lebih baik (kokoh), dan lebih kuat dengan ruang- ruang yang kosong (sedikit ornamen dan perabotan). Prinsipnya semakin sederhana, maka kualitas desain, ruang yang ada, dan penyelesaian bidang struktur harus semakin lebih baik. John Pawson yang dianggap sebagai guru “minimalisme” menghadirkan desain rumah yang minim garis, suasana yang hening dan indah.

Namun perlu dicatat terlalu minimalis akan menjadi steril, tunggal rupa, dan cenderung membosankan. Untuk itu perlu dipahami bersama bagaimana pengembangan dasar rumah minimalis dalam konteks budaya masyarakat urban kita.

Bangunan rumah kontemporer yang compact  ini berbentuk kotak putih selebar 5m dengan tinggi ±6m, yang berdiri di tengah lahan 100m2. Permukaan lahan sekitar bangunan ditutup kerikil batu split abu-abu. Pada bagian dalam bujur sangkar, terdapat dua jendela besar dan dua jendela kecil segiempat berdaun kaca, yang menjadi fasad bangunan. Tampilan rumah ini sangat simpel dan terkesan bersih juga praktis. Furnitur dan pintu di desain secara geometris dengan menggunakan satu jenis finishing , yaitu HPL (High Pressure Laminate ).

Rumah bergaya compact house  bisa dimodifikasi dalam bentuk apapun. Dindingnya pun diolah dengan finishing  halus dan rustic yang kontras. Pada bagian plafon dengan tinggi 2,4m itu dilapisi gipsum. Meskipun plafon pendek, ruang tidak terkesan sempit berkat kondisi plafon yang putih bersih, sama seperti dinding dan lantai.

Ketinggian plafon dapat meminimalkan sambungan pada HPL, sebagai pelapis kayu. Agar ruangan bergaya compact house ini tidak panas, maka lampu dipasang di dinding kayu. Bangunan ini terletak di tengah tapak yang menyisakan lahan di kiri dan kanan bangunan. Lahan sisa tersebut digunakan unruk sirkulasi dan serbis selebar 80cm, sedangkan unruk entrance  dan sirkulasi 120cm.

Rumah ini berbentuk bangunan clean  dan simpel karena budget -nya cukup ketat. Meski dengan biaya hemat, rumah ini ridak terlihat “murah”. Rancangan hunian berhasil menjawab kebutuhan penghuni akan sebuah rumah tinggal nyaman berbiaya terjangkau, dengan tampilan kontemporer yang memikat. Alhasil, sebuah rumah bergaya compact house  pun tercipta.