Sukses Membangun Kepercayaan Konsumen pada Bisnis Online

0
14

Sukses Membangun Kepercayaan Konsumen pada Bisnis Online − Kepercayaan konsumen bagi setiap bisnis merupakan sebuah modal utama. Tidak terkecuali bagi bisnis online. Jika pelaku bisnis baik online ataupun offline tidak memiliki kepercayaan dari para konsumen, maka pebisnis akan sulit mendapatkan pelanggan tetap. Karena para konsumen merasa ragu untuk kembali melakukan transaksi pembelian pada bisnis yang Anda jalankan.

Ditambah penipuan secara online yang saat ini marak terjadi, oleh sebab itu secara tidak langsung kondisi ini berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen pada toko online. Menjadi sangat wajar jika kepercayaan konsumen di bisnis toko online, sedikit demi sedikit mulai pudar. Konsumen pun juga mulai lebih teliti sebelum memutuskan untuk berbelanja di Toko Online

Agar bisnis toko online yang Anda jalankan mendapat kepercayaan dari para konsumen dan pengunjung website toko online. Maka, berikut beberapa kunci sukses dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis toko online:

Domain

Penggunaan nama domain website toko online sangat berpengaruh terhadap pengunjung. Hal ini pun berdampak pada tingkat kepercayaan terhadap pemilik bisnis toko online. Maka, jika Anda adalah pelaku bisnis yang ingin fokus pada bisnis toko online yang Anda jalankan, maka Anda harus memastikan bahwa tidak menggunakan domain gratis seperti blog. Tetapi Anda bisa menggunakan domain berbayar seperti .com, .co.id, dan lain sebagainya.

Produk selalu update

Sebagai pemilik bisnis toko online sekaligus pelaku bisnisnya, Anda harus rajin meng-update produk-produk yang Anda jual melalui website toko online. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keyakinan para pengunjung pada bisnis toko online Anda. Pengunjung pun tidak merasa ragu untuk membeli produk-produk yang Anda tawarkan dan pajang di website toko online milik Anda. Karena setiap jenis produk yang Anda pajang dalam website toko online terjamin ke-update-annya yang dapat dilihat dari tanggal dimana Anda mengupload barang tersebut.

Contact person

Setiap website toko online harus mempunyai contact person. Kebanyakan dari konsumen toko online biasanya akan menghubungi Anda jika ingin menanyakan kejelasan dan kelayakan suatu produk yang dijual. Misalnya saat konsumen menanyakan harga produk, biaya ongkos kirim, khasiat produk, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan jika bisnis toko online Anda memiliki contact person yang benar dan dapat dihubungi. Jika Anda mencantumkan contact person yang tidak benar, tentu konsumen tidak akan bisa menghubungi Anda. Hal ini juga akan berdampak pada kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda, sehingga tidak akan terjadi transaksi pembelian.

Sosial Media Connection

Integrasikan bisnis toko online Anda dengan semua sosial media, sehingga para calon konsumen yang berkunjung ke website toko online bisa juga menghubungi Anda dengan mudah melalui akun sosial media. Selain itu, para konsumen juga bisa melihat aktivitas atau history dari sosial media yang Anda miliki. Keaktifan Anda di sosial media tentunya akan menambah kepercayaan konsumen terhadap bisnis toko online Anda. Oleh sebab itu, update-lah di sosial media setiap hari agar konsumen memiliki keyakinan yang kuat terhadap bisnis toko online Anda.

Jalin Percakapan

Pemilik toko online perlu melakukan percakapan dengan para konsumennya. Mengapa? Karena penggunaan testimonial saja belum tentu mampu meyakinkan seseorang untuk mau melakukan transaksi pembelian di website toko online Anda. Kini mulai banyak pelaku bisnis toko online yang menggunakan testimonial palsu.

Percakapan bisa ditunjukkan dengan cara membalas komentar masuk di toko online dan sosial media yang Anda miliki. Dengan adanya percakapan yang aktif, maka konsumen tidak akan ragu untuk melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.

Bagi Anda para pelaku bisnis, jadilah pebisnis yang jujur sebagai modal utama. Jangan pernah sekali-sekali melakukan penipuan terhadap konsumen karena hal itu sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis toko online Anda. Semoga kunci sukses tersebut bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin belajar secara lebih lanjut tentang strategi-strategi untuk menjalankan Bisnis Toko Online, pastikan Anda akan bergabung dalam Training Toko Online Angkatan ke-7 bersama Bisnis UKM!

Salam sukses!