Home Bisnis Online Cara Menentukan Harga Jual Produk Online

Cara Menentukan Harga Jual Produk Online

Cara Menentukan Harga Jual Produk Online − Sebelum terjun meramaikan persaingan harga di ranah maya. Ada baiknya bila Anda mengetahui faktor penting ketika menentukan harga jual produk di ranah maya.

Maraknya aktivitas jual-beli di ranah maya, tentunya memberikan kemudahan bagi setiap konsumen untuk mencari segala macam barang yang mereka butuhkan setiap harinya. Caranya yang terbilang praktis dan harga jualnya yang tak kalah bersaing dengan produk serupa di toko konvensional, menjadikan pertumbuhan bisnis toko online semakin dicari banyak konsumen.

Sebagian besar konsumen lebih tertarik berbelanja di dunia maya, karena mereka mencari barang-barang dengan harga jual lebih murah tanpa harus repot-repot keluar rumah. Dari sinilah para pelaku bisnis online mulai terdorong untuk melakukan strategi perang harga guna menarik minat konsumennya.

iklan

Namun, sebelum Anda ikut terjun meramaikan persaingan harga di ranah maya. Ada baiknya bila Anda mengetahui beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan ketika menentukan harga jual produk di ranah maya.

1. Mengetahui dengan pasti biaya pembelian yang dikeluarkan

Sebelum menentukan harga jual produk, pastikan bahwa Anda mengetahui besarnya biaya pembelian yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan satu buah produk. Biaya ini meliputi harga kulakan produk dari para supplier, biaya pengiriman barang dari tempat supplier ke tempat Anda, serta biaya tambahan lainnya yang dibutuhkan untuk melakukan pemeliharaan barang.

2. Hitung pula besarnya biaya operasional bisnis Anda

Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda juga harus cerdas dalam menentukan besarnya laba usaha yang Anda terima dari harga jual yang ditentukan di setiap produk. Pastikan bila besarnya laba yang Anda tentukan telah menutup seluruh biaya operasional perusahaan, termasuk diantaranya biaya maintenance website, biaya sewa hosting, biaya promosi, biaya listrik, dan lain sebagainya.

3. Jangan lupakan ongkos kirim produk

Biaya ini biasanya tak banyak diperhatikan oleh para penjuala online. Padahal, sebenarnya ongkos kirim produk cukup berpengaruh terhadap margin keuntungan yang Anda terima. Contohnya seperti menyepelekan harga kardus atau kotak, plastik, plester, dan biaya jasa pengiriman, sehingga harus memangkas besarnya laba usaha yang Anda terima.

4. Hindari menyamaratakan keuntungan

Tak sedikit pelaku bisnis online yang menentukan margin keuntungan yang sama besar untuk setiap produk yang mereka jual, agar keuntungan yang mereka dapatkan juga bisa lebih besar. Tentu strategi ini kurang tepat, karena Anda harus menyesuaikan harga jual produk dengan kualitas barang yang ditawarkan. Sebaiknya tentukan margin keuntungan yang bervariasi dari mulai yang paling rendah hingga yang paling mahal untuk memenuhi kebutuhan setiap konsumen Anda.

5. Mempertimbangkan supply dan demand

Dalam menentukan harga produk, sebaiknya para pemilik toko online juga mempertimbangkan supply dan demand yang terjadi. Anda harus jeli dalam melihat musim dan mengamati banyaknya permintaan untuk menentukan harga jual produk di pasaran. Ketika produk Anda banyak dicari konsumen dan barangnya saat ini sedang langka (persediaannya sedikit) maka Anda bisa menaikkan harga jualnya lebih tinggi untuk mendatangkan untuk besar dari moment tersebut.

Semoga informasi tips bisnis online yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni usaha di dunia maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!