Cara Membuat Website Agar Rating Brand Naik

0
26

Cara Membuat Website Agar Rating Brand Naik − Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata website sangat berpengaruh dalam menunjang peningkatan rating image atau brand yang kita miliki.

Tak bisa kita pungkiri bahwa sekarang ini keberadaan website atau blog telah menjadi lapak dagang yang cukup potensial bagi kita (para pelaku usaha) yang ingin merambah dunia maya. Jangkauan pasarnya yang tanpa batas serta biaya sewanya yang terbilang sangat murah, menjadikan website sebagai salah satu pilihan tepat yang akhirnya saya pilih untuk membantu  menaikkan rating brand produk yang saya pasarkan di dunia maya.

Meski pada mulanya sebagai seorang pengusaha saya memiliki kekhawatiran tersendiri bila website toko online atau blog yang saya buat jarang dikunjungi para konsumen, namun seiring dengan berjalannya waktu ternyata website sangat berpengaruh dalam menunjang peningkatan rating image atau brand yang kita miliki.

Karenanya, agar para pemula maupun pelaku usaha di luaran sana bisa merasakan keuntungan yang saya dapatkan setelah menggunakan website, kali ini saya akan membagikan tips singkat cara membuat website agar bisa menaikkan rating brand produk kita. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan rekan kerja saya yang juga bergerak di bidang desain dan konveksi.

1. Template website atau blog berbicara

Saya yakin teman-teman sangat suka melihat template yang berwarna, terlihat unik dan tidak kaku. Pengunjung website pastinya juga sangat tertarik bila mengunjungi website yang memiliki warna dan konten menarik. Oleh sebab itu, dianjurkan sekali bagi setiap pelaku usaha untuk melakukan “preview” terlebih dahulu terhadap website yang kita miliki. Tak perlu khawatir, jika teman-teman kebingungan masalah template, bisa mencari solusi ke tenaga desain grafis atau langsung melakukan survey tentang website kita di ranah maya.

2. Konten Gambar Wajib Berkualitas

Saya sangat yakin, jika sebuah gambar bisa menceritakan banyak hal di dalamnya. Karena itu, dalam meng-upload gambar produk ke website jangan hanya mengandalkan foto produk dengan kualitas rendah. Jika ingin total, maka jangan sungkan untuk memulainya dari hal-hal kecil. Saran saya, fotolah produk menggunakan kamera yang memiliki resolusi tinggi dan berikan tambahan keterangan tiap produk misalnya dibubuhi rating produk. Jadi, walaupun pengunjung tidak membeli, mereka bisa memberi rating ke  gambar produk kita

3. Testimoni Jujur dari Konsumen

Pengalaman saya dalam menjalani bisnis di bidang desain dan produksi. Testimoni alat ampuh dalam menaikkan Rating brand. Walaupun sekarang ini sudah banyak yang membuat “testimoni palsu” melalui BlackBerry Mesengger, namun tetaplah berpikir positif bahwa konsumen bisa membedakan mana testimoni asli dan mana yang palsu.

4. Tombol Share Facebook, Twitter dan lainnya

Bisa dikatakan ini merupakan langkah kecil yang bermanfaat besar dan merupakan tugas besar bagi pelaku usaha untuk membuat bagaimana produk kita bisa membuat pengunjung website dan pembeli MAU untuk share produk kita ke akun mereka. Usahakan bahasa yang digunakan pada definisi produk cukup jelas, mudah dimengerti, dan tidak kaku. Dengan begitu konsumen akan senang dan tahu “karakter bisnis kita”.

5. Tambahkan Tips Menarik di Website Kita

Tips dan trik menarik adalah cara kita untuk memberikan solusi bagi setiap pengunjung website. Konsumen akan senang ketika setiap website dilengkapi dengan tips-trik menarik. Usahakan judul setiap tips tersebut benar-benar berbobot dan langsung berpengaruh terhadap pengunjung yang datang

6. Forum dan Info Event

Forum dan event memang tidak bisa digunakan untuk semua jenis usaha. Usaha-usaha yang bergerak dibidang teknologi, seni, jasa, pangan mungkin bisa menggunakan forum. Kita bisa lihat di situs BisnisUKM.com ini. Kolom forumnya sangat aplikatif membuat semua orang lebih mengerti tentang bisnis yang terbaru, kendala yang ada saat ini dan pemecahannya. Dengan adanya forum, seseorang akan datang kembali ke website kita, secara tidak langsung hal ini juga akan membantu menaikan rating brand kita.

7. Banner

Tidak ada salahnya bagi teman-teman yang mungkin punya kawan yang baru merintis bisnis, ingin menaikan rating brandnya, untuk sekira membantu mempromosikan produknya. Contohnya seperti menggunakan teknik “hyperlink”. Secara tidak langsung bahwa bisnis usaha kalian terpercaya dan punya nilai Plus dimata konsumen. Jadi, konsumen serba cepat dalam mendapatkan informasi terbaru.

8. LOGO Wajib ada

Logo itu layaknya do’a bagi saya, dan saya yakin logo berpengaruh terhadap berkembangnya suatu usaha. Termasuk juga ketika saya memutuskan membuat logo Mbojo Souvenir dengan gambar kuda, karena logo memiliki filosofi oleh pemiliknya. Contohnya saja jasa pengiriman FedEx yang perubahan logo sekarang berkembang pesat dibanding logo terdahulunya. Jadi, tetap sisipkan logo untuk tiap produk dan template website kita.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi teman-teman yang masih ragu untuk membuat website toko online. Semoga bermanfaat dan enjoy your day