Cara Membangun Brand Toko Online Melalui Kemasan Produk

0
19

Cara Membangun Brand Toko Online Melalui Kemasan Produk − Tampilan fisik yang mereka lihat pertama kali ketika menerima kiriman paket dari penjual online, ternyata cukup mempengaruhi tingkat kepuasan para pelanggan.

Meski sampai saat ini kualitas produk menjadi poin utama kesuksesan bisnis Anda di dunia maya, namun sebagai penjual bukan berarti Anda boleh mengesampingkan cara packing atau kemasan produk yang Anda gunakan untuk membungkus barang orderan para konsumen.

Tampilan fisik yang mereka lihat pertama kali ketika menerima kiriman paket dari Anda, ternyata cukup mempengaruhi tingkat kepuasan para pelanggan. Bila cara packing dan kemasan produk yang Anda gunakan cukup unik dan menarik, tentunya konsumen akan merasa senang ketika menerima kiriman paket dari Anda. Dengan begitu, citra baik perusahaan Anda mulai terbangun sehingga para konsumen pun tak sungkan-sungkan untuk melakukan orderan berikutnya di toko online Anda.

Karenanya, agar brand toko online Anda semakin melekat di hati para konsumen, sebagai penjual Anda perlu memperhatikan cara packing dan kemasan produk yang digunakan sebelum dikirimkan ke para pembeli. Berikut lima hal penting yang perlu diperhatikan para pemilik toko online ketika mengemas produk orderan para konsumen.

Ciptakan ciri khas khusus

Untuk mengenalkan brand toko online Anda ke setiap konsumen, tentunya Anda harus membuat ciri khas khusus pada kemasan produk yang Anda gunakan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan gaya pengemasan yang unik atau warna senada secara konsisten agar konsumen Anda mulai mengenalinya sebagai brand atau image  khusus bagi toko online Anda.

Gunakan kemasan kardus yang menarik

Selama ini, banyak pelaku bisnis toko online yang memilih menggunakan kardus bekas untuk mengemas kiriman paket yang mereka kirimkan ke konsumen. Walaupun cara ini memang cukup murah, namun ada baiknya bila Anda memperhatikan tampilan paket yang Anda kirimkan ke konsumen. Sebaiknya hindari penggunaan kardus bekas. Namun, apabila memang terpaksa menggunakan kardus bekas, siasati dengan membalik kardus yang ada tulisannya ke bagian dalam, sehingga kemasan yang terlihat adalah kardus yang polos.

Selipkan kartu nama toko online Anda

Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, tak ada salahnya bila Anda mencetak kartu nama dan menyelipkan kartu nama tersebut di setiap paket yang dikirimkan ke konsumen. Kendati cara ini terbilang sepele, namun bisa memperkuat brand awareness toko online Anda di mata para pembeli.

Perhatikan keamanan produk

Selain memperhatikan tampilan kemasan yang digunakan, penting bagi Anda untuk menomorsatukan keamanan produk yang dikirimkan. Bila memang produk yang dikirimkan rentan pecah atau rusak, sebaiknya tambahkan bahan pelindung seperti sterofoam serta gambar/ kode khusus yang menginformasikan bahwa produk tersebut mudah rusak. Contohnya saja seperti kode/ gambar pecah belah, jangan diinjak, jangan ditumpuk, jangan dibanting, dan lain sebagainya.

Percantik packaging dengan aksesoris tambahan

Penting bagi pemilik toko online untuk dapat mengemas pesanan dengan cara yang unik, menarik, dan memberikan kesan menawan secara visual. Karenanya bagi Anda yang menjual produk fashion, pernak-pernik, dan produk estetika lainnya, taka da salahnya bila Anda menambahkan pita pengikat, selotip warna-warni, dan stiker menarik lainnya sebagai nilai tambah untuk menaikkan nilai jual produk Anda di mata konsumen.

Dari hal-hal kecil yang sebelumnya mungkin terlihat sepele, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya Anda bisa membangun brand toko online melalui kemasan produk dan meningkatkan loyalitas konsumen yang Anda miliki.

Semoga bisa membantu dan salam sukses!