Home Bisnis Online Cara Memasarkan Produk Toko Online

Cara Memasarkan Produk Toko Online

Cara Memasarkan Produk Toko Online − Sedikitnya ada empat cara memasarkan produk dengan toko online yang bisa Anda coba dengan langkah yang mudah dan juga murah.

Bila dulunya negara kita belum begitu familiar dengan teknologi internet, belakangan ini kawasan Indonesia bukan lagi menjadi kaum minoritas dalam hal penggunaan internet. Menurut hasil penelitian para ahli, sekarang ini pertumbuhan jumlah pengguna internet telah mencapai 50 juta lebih dan tentunya jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan meluasnya akses internet di berbagai daerah.

Bagi para pelaku bisnis, tentunya kondisi ini menjadi sebuah peluang besar yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mendatangkan keuntungan setiap bulan. Sebut saja bila Anda mentargetkan penjualan sebesar 5% dari seluruh pengguna internet di Indonesia, berarti minimal Anda bisa mendapatkan penjualan sekitar Rp 2.500.000,00 setiap bulannya. Cukup menggiurkan bukan? Sehingga tidak heran bila belakangan ini banyak pelaku bisnis lokal maupun pelaku usaha internasional yang mulai tertarik memasarkan produk dagangannya di dunia maya untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Nah, bagi Anda para pemula yang penasaran dengan strategi pemasaran online yang terbilang cukup efektif untuk menjaring calon pelanggan. Sedikitnya ada empat cara memasarkan produk dengan toko online yang bisa Anda coba dengan langkah yang mudah dan juga murah.

1. Survey Pasar dan Bidik Niche Market yang Tepat

Mengingat pasar online sedemikian luas, maka sebelum membuat toko online pastikan bila Anda telah melakukan survey pasar untuk membidik niche market yang sesuai. Jadi sebelum membuat toko online, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai niche market yang hendak Anda bidik. Contohnya saja bila Anda ingin memasarkan produk baju wanita, maka perhatikan terlebih dahulu adakah produsen baju wanita yang menawarkan harga miring, bagaimana persaingan pasarnya, dan pastikan bila peluang pasarnya masih cukup besar.

2. Buatlah Situs Toko Online Dengan Profesional

Mengingat sekarang ini banyak kasus penipuan yang terjadi di dunia maya, maka konsumenpun mulai selektif dalam memilih lapak toko online. Untuk meyakinkan calon konsumen, pastikan bila toko online yang Anda buat terlihat profesional di mata para konsumen. Sebagai pemula Anda bisa melakukan uji pasar dengan menggunakan toko online gratisan untuk melihat bagaimana respon dari calon konsumen, dan ketika Anda telah memiliki modal cukup besar, selanjutnya bisa melibatkan penyedia jasa toko online untuk membuat lapak dagang yang lebih profesional.

3. Buatlah Kategori Produk yang Relevan

Selain memperhatikan niche market yang sesuai, dalam membuat toko online sebaiknya Anda melengkapinya dengan fitur kategori produk yang relevan. Cara ini perlu Anda perhatikan dengan baik untuk memudahkan calon konsumen dalam berbelanja. Dengan mengelompokkan produk sesuai dengan jenisnya, maka nantinya calon konsumen juga bisa menemukan produk yang mereka cari dengan lebih mudah.

4. Aktif Berpromosi dan Kelola Konsumen Dengan Baik

Setelah toko online Anda mulai berjalan, bukan berarti tugas utama Anda sebagai pelaku usaha telah selesai. Untuk menjaga eksistensi bisnis Anda di dunia maya, Anda dituntut untuk selalu aktif berpromosi dan mengelola konsumen dengan baik. Mulailah dengan memanfaatkan situs sosial media seperti misalnya facebook, twitter, BlackBerry Messenger, YouTube, dan lain sebagainya. Selain itu, berikan pelayanan yang cepat, tepat, dan hemat pada setiap pelanggan Anda.

Dengan menerapkan keempat strategi di atas, tidak menutup kemungkinan bila traffic kunjungan toko online yang Anda bangun bisa terus meningkat dan peluang terjadinya transaksi pembelian juga merangkak naik setiap harinya.