Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

0
18

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha − Menjadi pengusaha yang mengelola sendiri bisnisnya memang merupakan tantangan, karena tidak ada jaminan bahwa bisnis kita akan terus berjalan lancar dan memberikan keuntungan. Sama dengan mengelola keuangan pribadi, maka Anda harus memisahkan sebagian keuntungan tersebut untuk menambah modal kerja atau digunakan saat bisnis Anda tidak memberikan keuntungan (misal ada bencana banjir atau kena hama). Sebaiknya hindari mencampur adukkan keuangan pribadi dengan bisnis, dengan cara memisahkan rekening atau tabungan untuk menampung uang dari penjualan.

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Saya sarankan selama pendapatan dari bisnis Anda belum stabil, alangkah baiknya untuk tidak mengambil pinjaman dari bank. Masih banyak alternatif untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam, misalnya dari kenalan atau mencari mitra bisnis yang bisa meminjamkan modal. Dengan begitu maka Anda tidak dipusingkan dengan kewajiban untuk membayar cicilan utang ke bank. Pada saat bisnis Anda sudah berjalan lancar dan telah memberikan keuntungan yang stabil, barulah meminjam untuk memperluas bisnis Anda.

Mengenai syarat untuk mengajukan pinjaman di bank, sebenarnya tidak rumit. Umumnya bank meminta identitas calon debitur (KTP, NPWP, KK dan Akte Nikah bagi yang sudah berkeluarga), buku tabungan atau rekening koran untuk menilai kesanggupan keuangan debitur dalam membayar cicilan utang, dan surat-surat yang berkaitan dengan agunan yang diberikan (misal akte tanah dan rumah). Selama Anda bisa memenuhi persyaratan dan dianggap layak oleh bank tersebut, maka pinjaman dapat diberikan.

Semoga sukses!