Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan

By on April 15, 2015
Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan Reviewed by Usaha Sukses on . This Is Article About Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan

 Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan – Tingkat mobilitas masyarakat saat ini semakin tinggi terutama menjelang liburan akhir tahun. Pesatnya perkembangan transportasi dan infrastruktur pendukung serta kerapnya maskapai penerbangan menjual tiket dengan harga miring membuat perjalanan baik keperluan bisnis ataupun sekedar berplesir semakin sering dilakukan. Perubahan kebiasaan ini juga tidak lepas dari pesatnya pertambahan kelas menengah yang […]

Rating: 4

 Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan – Tingkat mobilitas masyarakat saat ini semakin tinggi terutama menjelang liburan akhir tahun. Pesatnya perkembangan transportasi dan infrastruktur pendukung serta kerapnya maskapai penerbangan menjual tiket dengan harga miring membuat perjalanan baik keperluan bisnis ataupun sekedar berplesir semakin sering dilakukan.

Asuransi Perjalanan Menjelang Liburan

Perubahan kebiasaan ini juga tidak lepas dari pesatnya pertambahan kelas menengah yang diikuti dengan peningkatan pendapatan. Sehingga perjalanan antar kota merupakan kebiasaan yang lumrah.

Tren ini bisa terlihat dari peningkatan lalulintas pesawat terbang di Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada tahun 2003, lalulintas kedatangan pesawat hanya 352.028 unit. Namun, pada 2012, lalulintas keberangkatan melonjak 717.435 unit. Artinya, ada peningkatan lalulintas keberangkatan sebesar 103,8%. Sementara, lalulintas kedatangan meningkat dari 340.467 unit pada 2003 menjadi 719.030 unit pada 2012.

Peningkatan lalulintas penerbangan ini juga berpengaruh pada jumlah penumpang. Pada 2003, ada 42,53 juta penumpang yang menggunakan pesawat terbang baik dari keberangkatan, kedatangan, dan transit. Pada tahun 2012, terjadi peningkatan sebesar 247,64% menjadi 147,85  juta penumpang.

Meski menjanjikan kemudahan dan kesenangan, perjalanan tidak bisa menjauhkan Anda dari risiko. Anda masih tetap bisa tertimpa musibah seperti kecelakaan. Sebab itulah Anda perlu memiliki asuransi perjalanan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Corporate Strategic Planning Division Head Asuransi Umum Adira Dinamika Hardianto Wirawan mengatakan, asuransi perjalanan merupakan asuransi kecelakaan yang ditambahkan dengan berbagai fitur lain. Fitur utama produk ini adalah santunan atas kecelakaan dan kematian.

Asuransi juga akan memberikan uang pertanggungan jika konsumen mengalami cedera ketika berada di luar kota atau luar negeri. Pihak asuransi akan membantu rujukan lokasi maupun biaya perawatan medis yang harus ditanggung. “Jika melakukan perjalanan ke luar kota, apalagi luar negeri, dan sakit, sering kita bingung harus bagaimana dan tidak ada nomor yang dihubungi. Di sinilah pentingnya asuransi,” ujar Hardianto.

Wakil Direktur Utama Asuransi Umum Pan Pasific Junaidi menambahkan, asuransi perjalanan bermanfaat memberikan ketenangan bagi penggunanya. Sebab, risiko yang mungkin muncul sudah dialihkan pada perusahaan asuransi.

Selain itu, asuransi perjalanan bisa mengurangi beban keluarga jika terjadi kecelakaan pada konsumen. “Asuransi ini bisa jadi kompensasi pembantu kehidupan untuk sementara bagi keluarga jika tulang punggung kepala keluarga atau pencari nafkah mengalami kecelakaan,” ujarnya.

Hati-hati memilih

Bila diperhatikan secara seksama asuransi perjalanan memang memberikan proteksi yang maksimal. Bayangkan saja, bila terjadi kecelakaan tertanggung bisa mendapatkan uang santunan di atas Rp 100 juta sementara premi yang dibayarkan mini, mulai dari Rp 25.000.

Premi pun tidak dibayarkan secara teratur dan dalam tempo tertentu, tapi dibayar ketika Anda berpergian saja. Istilahnya beli putus.
Meski murah, bukan berarti Anda lantas beli asuransi perjalanan secara serampangan. Tetap Anda perlu memilih asuransi yang bikin tenang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi perjalanan. Pertama, pilih asuransi sesuai kebutuhan. Saat ini banyak perusahaan asuransi perjalanan yang memberikan fitur-fitur tambahan. Dengan memilih yang sesuai kebutuhan maka manfaat yang didapatkan jadi maksimal.

Kalau perlu bandingkan antara asuransi yang satu dengan asuransi yang lain yang memberikan penawaran sejenis. Jangan sampai Anda beli asuransi perjalanan haji padahal Anda sedang ingin berlibur ke negara Eropa yang bersalju.

Kedua, pahami produk yang dibeli. Anda harus tetap kritis agar hak-hak terpenuhi ketika terjadi musibah. Sebab itulah, Anda perlu memahami asuransi perjalanan yang dibeli dan apa saja isi polisnya. Jangan hanya melihat murah mahalnya premi, tapi juga bandingkan tanggungan yang diberikan.

Ketiga, cek latar belakang perusahaan asuransi. Reputasi yang baik tentu akan berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan. “Jika ragu dengan perusahaan asuransinya  sebaiknya jangan membeli dari mereka,” ujar Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (Apparindo) Nanan Ginanjar.

Menurut Nanan, sering sekali masyarakat memilih asuransi perjalanan yang gampang dibeli, misalnya lewat internet tanpa memperhatikan reputasi. Dampaknya ada beberapa kasus perusahaan asuransi mangkir dalam memberikan pertanggungan ketika pemegang polis terkena musibah atau perusahaan tidak cepat dalam menjalankan tanggungjawabnya dalam membayarkan santunan.

Anda tertarik memiliki asuransi perjalanan? Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan:

Asuransi Adira
Asuransi Adira memberi nama asuransi perjalanannya: Travellin. Produk ini dirancang untuk mengurangi kerugian yang bisa terjadi selama Anda melakukan perjalanan di dalam negeri maupun ke luar negeri. Premi untuk asuransi perjalanan dalam negeri mulai Rp 10.000 per hari sampai Rp 12.000 sehari per orang, bergantung dari paket yang Anda pilih. Sementara, premi perjalanan luar negeri  individu mulai US$ 1,5 per hari–US$ 3,25 per hari.

Dengan membeli Travellin dalam negeri, misalnya, Anda akan mendapatkan pertanggungan kematian dan cacat tetap hingga Rp 100 juta, biaya perawatan medis hingga Rp 50 juta, pembatalan perjalanan hingga Rp 1 juta, serta kehilangan bagasi dan dokumen maksimal Rp 3 juta per item.

Anda masih akan memperoleh perlindungan berupa pembajakan pesawat terbang. Nilai pertanggungannya maksimum Rp 5 juta per 12 jam setelah pesawat yang Anda tumpangi dibajak lebih dari 12 jam.

Asuransi Jasindo
Asuransi umum Jasindo punya produk asuransi perjalanan bernama Asuransi Lintasan. Produk ini sengaja dirancang untuk melindungi Anda dalam perjalanan baik menggunakan transportasi darat, udara maupun laut selama masa pertanggungan berlaku.

Jika tertarik pada produk ini, Anda cukup membayar mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per orang untuk pertanggungan selama seminggu hingga sebulan penuh.

Melalui asuransi ini, Anda akan menerima pertanggungan  meninggal dan catat tetap mulai dari Rp 50 juta hingga 250 juta.  Sedangkan, untuk biaya pengobatan mulai dari Rp 5 juta hingga 25 juta.

Lintasan juga memberikan Anda perlindungan seluruh anggota tubuh. Jika Anda, misalnya, banyak beraktivitas dengan tangan kiri kemudian lengan dari sendi bahu hilang atau cacat tetap akan mendapatkan pembayaran penjaminan sebesar 75% dari total harga pertanggungan.

Perusahaan asuransi plat merah ini juga memberikan asuransi perjalanan bagi Anda yang ingin beribadah ke Tanah Suci.  Namanya Asuransi Haji dan Umroh.

Asuransi ini memberikan perlindungan mulai dari tertanggung meninggalkan rumah, selama melakukan ibadah haji dan umroh, sampai kembali ke rumah lagi.

Asuransi ini juga memberikan proteksi ketika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kematian, catat tetap sebagian atau seluruh tubuh. Preminya sebesar Rp 100.000 dengan masa berlaku 60 hari. Adapun, pertanggungannya maksimal Rp 100 juta.

Asuransi Pan Pacific
Pan Pacific Insurance mengeluarkan produk dengan nama Panfic Travel Care. Produk ini adalah program asuransi yang memberikan perlindungan terhadap tertanggung atas kerugian yang dialami selama perjalanan, baik domestik maupun luar negeri. Untuk asuransi perjalanan domestik, preminya sebesar Rp 10.000 per orang per hari dan Rp 35.000 per keluarga per hari. Satu keluarga ini terdiri atas empat orang.

Asuransi perjalanan ini memberikan Anda perlindungan kecelakaan diri selama perjalanan, biaya pengobatan di tempat tujuan hingga pemulangan jenazah. Untuk produk ini, Anda bisa mengajukan klaim hingga Rp 100 juta dengan santunan rawat inap Rp 2 juta per hari.

Selain itu, asuransi besutan Pan Pasific ini punya perlindungan atas penundaan atau pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi. Pan Pasific akan memberikan ganti rugi sebesar Rp 500.000 dan Rp 3 juta jika di dalam bagasi terdapat barang elektronik.

Para nasabah asuransi ini juga bisa menggunakan sistem tahunan. Anda akan dikenakan premi Rp 1,5 juta per orang untuk asuransi perjalanan selama setahun dengan perlindungan yang sama dengan harian.

Ada juga asuransi perjalanan untuk kepergian luar negeri. Preminya mulai dari US$ 2 hingga US$ 4 per orang per hari. Untuk durasi per tahun, Anda cukup membayar US$ 100 hingga US$ 150. Sementara, untuk keluarga sebesar US$ 4 hingga US$ 7 per keluarga per hari.

Perlindungan asuransi ini mulai dari US$ 25.000 hingga US$ 100.000. Adapun, santunannya diberikan untuk kecelakaan hingga menyebabkan cacat total dan kematian. Sementara, untuk kehilangan bagasi dan keterlambatan keberangkatan, perlindungannya mulai dari US$ 500 hingga US$ 5.000.

Untuk asuransi luar negeri ini, konsumen bisa memilih paket Platinum dengan premi US$ 4 per hari. Dalam paket Platinum ini ada sejumlah keuntungan khusus, misalnya, menjamin kerusakan atau kehilangan peralatan golf sebesar US$ 250 juga asuransi hole in one atau jaminan hadiah yang diperoleh tertanggung jika ia menang dalam satu turnamen. Perlindungan hole in one ini sebesar US$ 200.

Asuransi Axa
AXA Insurance juga memiliki jenis asuransi perjalanan setipe dengan asuransi yang dikeluarkan Adira maupun Pan Pacific. Di luar itu, AXA punya asuransi perjalanan bagi mereka yang menempuh pendidikan. Syarat asuransi ini adalah peserta asuransi harus berumur antara 16 tahun sampai dengan 45 tahun dan telah diterima dan terdaftar di universitas atau institusi pendidikan di luar negeri.

Anda bisa memiliki asuransi perjalanan untuk pendidikan  ini dengan membayar premi US$ 14 hingga US$ 138 untuk masa belajar tiga bulan atau US$ 41 hingga US$ 392 untuk masa belajar 12 bulan.

Paket dibagi menjadi banyak varian, mulai dari pendidikan di kawasan Asia Tenggara, Asia Pasifik, Amerika Serikat, dan paket negara lain di luar itu. Jenjangnya pun ada tipe silver, gold, dan platinum.

Soal tanggungan yang diberikan, AXA akan mengganti biaya perkuliahan yang telah dibayar jika Anda tidak dapat melanjutkan masa belajar disebabkan oleh kecelakaan, menderita penyakit mematikan hingga meninggalnya anggota terdekat.  Penggantiannya sebesar US$ 2.500 untuk paket silver hingga US$ 10.000 untuk Platinum.

Dalam paket ini juga ada perlindungan sponsor. Artinya, perusahaan asuransi menjamin biaya perkuliahan yang belum dibayarkan jika sponsor yang bertanggung jawab mengalami kematian karena kecelakaan atau ketidakmampuan permanen, dengan syarat maksimum usia sponsor 65 tahun. Perlindungan sponsor ini senilai US$ 4.000 untuk paket silver hingga US$ 15.000 untuk paket gold.

Ada juga tunjangan biaya pengobatan jika mengalami kecelakaan atau sakit. Tanggungannya mulai dari US$ 10.000 utuk paket silver hingga US$ 50.000 untuk paket gold. Ada pula tunjangan untuk pemulangan jenazah, dan evakuasi medis darurat.

Di luar itu, layaknya paket perjalanan, paket ini menyediakan penggantian untuk ketidaknyamanan selama perjalanan, seperti bagasi atau dokumen hilang atau terlambat sampai.

Jadi, asuransi mana yang cocok bagi Anda?